PENINGKATAN TOLERANSI UMAT BERAGAMA MELALUI IMPLEMENTASI KAMPUNG PANCASILA (Studi Multisitus Kelurahan Surodakan dan Kelurahan Ngantru)

HABIBIE INSANNUR MUHCLIS, 12850621020 (2023) PENINGKATAN TOLERANSI UMAT BERAGAMA MELALUI IMPLEMENTASI KAMPUNG PANCASILA (Studi Multisitus Kelurahan Surodakan dan Kelurahan Ngantru). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis Ini yang berjudul “Peningkatan Toleransi Umat beragama melalui Implementasi Kampung Pancasila (Study Multisitus Kelurahan Surodakan Dan Kelurahan Ngantru)” di tulis oleh Habibie Insannur Muhclis, NIM 12850621020 Jurusan Magister Pendidikan Agam Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: toleransi, umat Beragama, Implementasi, Kampung Pancasila Penelitian ini di Latar belakangi oleh Kemajemukan bangsa Indonesia, juga disebabkan hampir semua agama-agama besar, yakni Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu hidup di negeri ini. Di sisi lain, masyarakat Indonesia juga terdiri dari beragam suku, etnis, budaya dan bahasa. Sehingga di perlunya sebuah wadah untuk mewadahai berbagai keberagaman bangsa yaitu kampung Pancasila untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila Khususnya Toleransi umat Beragama di seluruh Indonesia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, Menganalisis dan menginterpretaskan tentang (1) Bagaimana konsep Peningkatan toleransi Umat Beragam Melalui Implementasi Kampung Pancasila. (2) Bagaimana Penerapan Peningkatan Toleransi Umat Beragama melalui Kampung Pancasila. (3) Bagaimana Tipologi Peningkatan Toleransi Umta Beragama Melalui Implementasi Kampung Pancasila. Metode dalam penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi multi situs yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis lintas situs. Adapun hasil Dari Penelitian ini Menunjukkan Bahwa: (1) konsep peningkatan toleransi beragama melalui implementasi Pancasila menunjukkan kampung Pancasila di bentuk atas insiatif warga dan dari Instansi Pemerintahan Seperti TNI, Polri dan perangkat desa setempat yang bertujuan Untuk menjaga nilai-nilai Pancasila. (2) Penerapan Peningkatan Toleransi Umat Beragama Melalui Kampung Pancasila bisa di lakukan dengan gotong royong rutin antar warga, pendidikan dan kesadaran toleransi kerukunan umat beragama dan peran tokoh agama dan masyarakat. (3) tipologi Peningkatan toleransi Umat Beragama di kampung Pancasila menunjukkan kampung pancasila Kelurahan Ngantru dan Kelurahan Surodakan sangat bersifat inklusif tidak Mempermasalahkan perbedaan Agama. Implikasi hasil penelitian adalah Peningkatan Toleransi Umat Beragama Di kampung Pancasila Kelurahan Surodakan dan Kelurahan Ngantru. Sehingga kerukunan umat beragama bisa terjaga dan saling menjaga.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621020 HABIBIE INSANNUR MUHCLIS
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:51
Last Modified: 13 Nov 2023 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41905

Actions (login required)

View Item View Item