PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENDAPATAN, DAN PENGETAHUAN KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DI DESA JEDING KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR

MAYA NUR LAILA, 12406193069 (2023) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENDAPATAN, DAN PENGETAHUAN KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DI DESA JEDING KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENDAPATAN, DAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan guna melihat bagaimana pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan dan juga pengetahuan keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga. Penelitian ini memakai jenis pendekatan kuantitatif serta memakai data primer di dalamnya. Populasi yang dipakai yaitu keluarga yang berdomisili di Desa Jeding Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar yang berjumlah 572 keluarga. Pengambilan sampel memakai teknik purposive sampling dan didapatkan 100 sampel untuk diteliti. Teknik analisa data yang dipakai yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji T dan uji F. Dengan adanya penelitian ini dapat diketahui bahwa: a) tidak terdapat pengaruh signifikan pada tingkat pendidikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga, b) tidak terdapat pengaruh signifikan pada pendapatan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga, c) terdapat pengaruh signifikan pada pengetahuan keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga, d) terdapat pengaruh signifikan atas tingkat pendidikan, pendapatan, dan pengetahuan keuangan secara simultan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga. Kata kunci: Keluarga, Pengelolaan,Pendidikan, Pendapatan, Pengetahuan Keuangan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 12406193069 Maya Nur Laila
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:17
Last Modified: 21 Nov 2023 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41906

Actions (login required)

View Item View Item