Kabibah, Mukaromah (2014) Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tugu Trenggalek. [ Skripsi ]
|
Text
Bibah Skripsi new Fix..pdf Download (847kB) | Preview |
|
|
Text
cOVER bIBAH BARU.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI bibah Baru.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran fIX BIBAH.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Perbedaan, Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT), Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi-inovasi baru bagi guru dalam hal pengajaran. Sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna. Namun pada kenyataannya banyak guru yang telah puas dengan metode mengajar yang biasa dilakukannya. Sehingga mereka merasa tidak perlu untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam pengajaran. Hal demikianlah yang menyebabkan pendidikan di Indonesia kurang berkembang. Sehubungan dengan hal di atas, peneliti ingin mengemukakan mengenai salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif dan dapat mencerdaskan siswa. Inovasi tersebut adalah model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1)Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII SMPN 3 Tugu Trenggalek?, 2) Berapakah tingkat perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII SMPN 3 Tugu Trenggalek?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII SMPN 3 Tugu Trenggalek. 2) Untuk mengetahui seberapa tingkat perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII SMPN 3 Tugu Trenggalek. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,dengan jenis penelitian komparasi dan eksperimen bentuk Pre-Eksperimental Design dengan desain One Shot Case Study, dimana penelitian ini tidak menggunakan kelas kontrol. Adapun variable bebas 1 (x1) dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dan variabel bebas 2 (x2) dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Sedangkan variable terikatnya (y) adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Tugu Trenggalek. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Tugu Trenggalek yang xv berjumlah 60 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan purposive sampling (sampling bertujuan). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Tugu Trenggalek tanggal 29 April-11 Mei 2013. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII SMPN 3 Tugu Trenggalek. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Dec 2014 03:17 |
Last Modified: | 09 Dec 2014 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/420 |
Actions (login required)
View Item |