STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FITROTUL NAILUL MAROM, 12205193242 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Konteks penelitian ini secara fenomenal menunjukkan bahwa pada zaman sekarang kecerdasan spiritual (SQ) kurang dimiliki oleh anak terutama pada siswa tingkat dasar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kasus bulliying yang dilakukan dan terjadi pada anak, lemahnya nilai sopan santun anak kepada orang yang lebih tua, kurangnya sikap peduli kepada sesame, anak kurang bisa mengontrol emosi dan masih banyak contoh yang lainnya. Pada pendiidikan tingkat dasar ini dapat menjadi langkah awal bagi seseorang pendidik untuk membentuk kecerdasan spiritual siswa. Karena, kecerdasan intelektual yang tinggi saja tidak akan sempurna apabila tidak didampingi dengan kecerdasan spiritual dan kecerdasan lainnya. Dengan demikian, untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan strategi guru yang tepatdan sesuai agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung ? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung (3) untuk mendeskripsikan evaluasi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif da Miles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data tersebut melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Perencanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung yaitu : membangun komunikasi yang baik, mengadakan rapat dan evaluasi tindak lanjut terkait pengembangan kecerdasan spiritual, menyusun RPP, memilih dan menggunakan metode yang bervariasi, dan membuat atau menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria dan kondisi peserta didik (2) Pelaksanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung yaitu : kegiatan Furutul Qur’aniyah (pembiasaan berdoa, sholat dhuha, membaca surat-surat pendek dan asmaul husna), kegiatan Pembiasaan (Pembiasaan 7S, Kerja Bakti, Dansos), kegiatan insidentil, memberikan hikmah-hikmah keteladanan dari guru sendiri, penggunaan pembelajaan dengan humor, kegiatan ekstrakulikuler keagamaan. (3) Evaluasi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung yaitu : praktek keagamaan, absensi shalat, pemberian reward dan punishment, penilaian sikap, dan kerjasama dengan orangtua wali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193242 FITROTUL NAILUL MAROM
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:27
Last Modified: 17 Nov 2023 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42018

Actions (login required)

View Item View Item