SEPTIANA NURLAILI, 12208193071 (2023) PENGEMBANGAN E-BOOKLET INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA SISWA KELAS XI SMAN 2 KARANGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (522kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (733kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Booklet Interaktif Berbasis Flipbook Materi Sistem Regulasi manusia Siswa Kelas XI SMAN 2 Karangan” ini ditulis oleh Septiana Nurlaili, NIM. 12208193071 Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: E-Booklet Interaktif, Flipbook, Materi Sistem Regulasi manusia. Kurangnya media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran biologi sering mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi yang dijelaskan. Penggunaan media ini masih terbatas pada buku paket, video pembelajaran, PPT, dan LKPD, dirasa masih kurang untuk mendukung peserta didik untuk aktif dan interaktif pada saat proses pembelajaran. Sehingga peneliti mengembangkan produk media pembelajaran e-booklet interaktif berbasis flipbook materi sistem regulasi manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan e-booklet interaktif berbasis flipbook materi sistem regulasi manusia siswa kelas XI SMAN 2 Karangan, (2) Mendeskripsikan kevalidan pengembangan e-booklet interaktif berbasis flipbook materi sistem regulasi manusia siswa kelas XI SMAN 2 Karangan, (3) Mendeskripsikan kepraktisan pengembangan e-booklet interaktif berbasis flipbook materi sistem regulasi manusia siswa kelas XI SMAN 2 Karangan, (4) Mendeskripsikan keefektifan pengembangan e-booklet interaktif berbasis flipbook materi sistem regulasi manusia siswa kelas XI SMAN 2 Karangan. Metode dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang melalui dua tahapan. Tahap pertama yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Kemudian pada tahapan penelitian kedua terdiri dari implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui nilai validitas dan juga kepraktisan menggunakan instrument angket, sedangkan untuk mendiskripsikan keefektifan peserta didik dilakukan dengan cara menggunakan post-test. Populasi pada uji kefektifitas yaitu seluruh kelas XI MIPA sejumlah 83 anak, dengan sampel pada uji keefektifan meliputi kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan uji analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Pengembangan e-booklet interaktif berbasis flipbook menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang menggunakan dua tahapan. (2) Hasil validasi pada media pembelajaran ebooklet interaktif berbasis flipbook oleh dosen validator ahli materi memperoleh hasil 95% dengan kriteria “valid” dan layak digunakan. Hasil validasi ahli media memperoleh hasil 94,5% dengan kriteria “valid” dan layak untuk digunakan. (3) Hasil kepraktisan berdasarkan tanggapan 10 peserta didik memperoleh hasil 85,42% dengan kriteria “sangat praktis” sebagai media pembelajaran. (4) Media pembelajaran e-booklet interktif berbasis flipbook dikatakan efektif terbukti dari hasil uji t mendapatkan nilai signifikasi kurang dari 0,05 atau 0,006 < 0,05 artinya media pembelajaran e-booklet interaktif berbasisi flipbook memiliki penegaruh terhadap hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193071 SEPTIANA NURLAILI |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 03:23 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42074 |
Actions (login required)
View Item |