HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN BERPRILAKU AGRESIF PADA SISWA

I'SMI RODLIYAL MUNA, 12308193079 (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN BERPRILAKU AGRESIF PADA SISWA. [ Skripsi ]

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN BERPERILAKU AGRESIF PADA SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional siswa dan kecenderungan berperilaku agresif pada siswa di MAN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 190 siswa kelas XI MAN 1 Blitar. Data dikumpulkan melalui pengisian google form yang berisikan skala kecerdasan emosional dan skala kecenderungan berperilaku agresif kepada siswa kelas XI. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi negative dan signifikan (r = -0.373, p < 0.001) antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan berperilaku agresif. Hipotesis yang diajukan diterima yang berarti adanya hubungan negative yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan berperilaku agresif pada siswa di MAN 1 Blitar. Hasil analisis mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional yang tinggi maka kecenderungan berperilaku agresif akan menurun. Dan sebaliknya, kecerdasan emosional yang rendah, maka semakin meningkat kecenderungan mereka untuk berperilaku agresif Kata Kunci: kecerdasan emosional, kecenderungan berperilaku agresif Abstract This study aims to identify whether there is a relationship between students' emotional intelligence and their tendency to behave aggressively at MAN 1 Blitar. The research adopts a quantitative correlational design. The study subjects consist of 190 students from grade XI at MAN 1 Blitar. Data is collected through a Google form, which contains scales for emotional intelligence and aggressive behavior tendencies for grade XI students. The data is analyzed using the Pearson product-moment correlation technique. The results show a significant negative correlation (r = -0.373, p < 0.001) between emotional intelligence and aggressive behavior tendencies. The proposed hypothesis is accepted, indicating a significant negative relationship between emotional intelligence and aggressive behavior tendencies among students at MAN 1 Blitar. The analysis indicates that higher emotional intelligence leads to a decrease in aggressive behavior tendencies, while lower emotional intelligence is associated with an increase in aggressive behavior tendencies. Keywords: emotional intelligence, tendency to behave aggressively

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193079 I'SMI RODLIYAL MUNA
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:11
Last Modified: 23 Nov 2023 01:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42116

Actions (login required)

View Item View Item