Visionary Leadership: Strategi Membangun Brand Image dan Daya Saing Perguruan Tinggi

Prim Masrokan Mutohar, 197206082002121001 (0023) Visionary Leadership: Strategi Membangun Brand Image dan Daya Saing Perguruan Tinggi. 1, 1 (1). Deazha Prima Nusantara, Malang. ISBN 978-623-97665-5-9

[img] Text
22 Buku Februari 2023 Visionary Leadership_compressed.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1x3A6mzFa-8Tb18IrE...

Abstract

Mutu dan daya saing lembaga pendidikan harus menjadi perhatian oleh setiap leader di lembaga pendidikan Islam. Kemampuan untuk memimpin, memprediksi kebutuhan, dan tantangan secara internal dan eksternal sehingga menimbulkan kreativitas dan inovasi dalam mengambil kebijakan strategis merupakan tuntutan yang harus dimiliki oleh leader yang visioner. Leader yang visioner akan dapat memformulasikan visi menjadi aksi dan mentransformasikan visi dalam sistem organisasi lembaga pendidikan Islam. Kemampuan leadership menjadi kunci keberhasilan lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan visi dan strategi agar dapat berhasil dalam membangun lembaga pendidikan Islam yang lebih maju dan diminati oleh banyak masyarakat. Kepemimpinan visioner mampu melihat peluang dan tantangan dimasa yang akan datang dalam membentuk brand image dan daya saing perguruan tinggi. Daya saing perguruan tinggi harus ditingkatkan secara berkelanjutan (continuous quality improvement) agar tetap diminati oleh masyarakat pengguna lembaga pendidikan. Pemimpin lembaga pendidikan harus visioner dan mempunyai kemampuan manajerial agar dapat meningkatkan mutu kinerja yang lebih baik. Perguruan tinggi dengan kebebasan manajemen kelembagaan mempunyai peluang dapat mewujudkan daya saing nasional bahkan secara internasional yang lebih besar. Kinerja perguruan tinggi dan internal branding dapat mempengaruhi komitmen dan kinerja civitas akademik perguruan tinggi yang secara berkelanjutan dapat meningkat dengan baik. Brand image dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan pendidikan dalam memilih sebuah perguruan tinggi yang diminatinya. Kondisi ini menunjukkan bahwa brand image dan daya saing perguruan tinggi menjadi suatu keniscayaan untuk diwujudkan agar mendapat dukungan dan kepercayaan masyarakat pengguna pendidikan secara luas dan terpercaya di era global yang terjadi pada saat ini.

Item Type: Book
Subjects: Buku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr 197206082002121001 Prim Masrokan Mutohar
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:59
Last Modified: 24 Nov 2023 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42124

Actions (login required)

View Item View Item