MANIPULASI SURAT-SURAT KENDARAAN BERMOTOR DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar)

WAHYU SULISTIYO, 17102153067 (2023) MANIPULASI SURAT-SURAT KENDARAAN BERMOTOR DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyu Sulistiyo, Nim: 17102153067, Manipulasi Surat-Surat Kendaraan Bermotor Ditinjau Dari Hukum Positif dan Hukum Islam (studi kasus di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar), Jurusan Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Dr. H.M, Darin Arif Mu’allifin, S.H., M.Hum. Kata Kunci: Manipulasi Surat-Surat Kendaraan Bermotor, Hukum Positif, Hukum Islam. Penelitian ini dilatar belakangi dengan pemanfaatan secara tidak sah surat-surat kendaraan bermotor. Dengan cara memindahkan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan bermotor dengan motor bodong yang tidak ada kelengkapan surat-surat kendaraan. Karena lemahnya pengawasan dan ketelitian dari pihak berwajib dalam pengecekan kendaraan bermotor sehingga praktek manipulasi surat-surat kendaraan ini muncul. Tingginya harga motor dipasaran menyebabkan kemunculan kejahatan tersebut muncul dengan harga motor bodong yang relatif lebih murah dan terjangkau bagi masyarakat dari pada harga motor dipasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana latar belakang bentuk manipulasi surat-surat kendaraan bermotor di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. 2) Bagaimana perspektif hukum positif tentang tindak manipulasi surat-surat kendaraan bermotor di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.3) Bagaimana perspektif hukum islam tentang tindak manipulasi surat-surat kendaraan bermotor di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Dalam menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan pendekatan Normatif-empiris dengan metode kualitatif. Pendekatan yuridis normatif disini pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan utama dengan cara menelaah teori-teori serta undang-undang yang berkaitan denagan kasus manipulasi surat-surat kendaraan bermotor. Kemudian digabungkan dengan pendekatan empiris yaitu dengan melihat secara langsung terhadap praktek di lapangan. Hasil penelitian ini manunjukkan bahwa 1) Manipulasi surat kendaraan yang dilakukan dengan cara pemanfaatan surat kendaraan yang tidak sah tersebut memberikan motor bodong dengan surat-surat kendaraan supaya apabila motor tersebut dipasarkan akan memberikan keuntungan yang tinggi. 2)Dalam hukum positif tindakan tersebut pelaku dapat dikenakan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat kendaraan bermotor dan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 3)Menurut hukum Islam pelaku dapat dikenakan hukuman Jarimah takzir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 17102153067 WAHYU SULISTIYO
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:01
Last Modified: 28 Nov 2023 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42193

Actions (login required)

View Item View Item