PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI AL-IRSYAD KARANGBENDO PONGGOK BLITAR

CHUSNUL CHOTIMAH, 2817123031 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI AL-IRSYAD KARANGBENDO PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Chusnul Chotimah, 2817123031, Penerapan Model Pembelajaran Imajinatif untuk Meningkatkan Keterampilan Mengarang Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Al-Irsyad Karangbendo Ponggok Blitar, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Susanto, M.Pd. Kata kunci :Model pembelajaran imajinatif, keterampilan mengarang Dalam pengajaran Bahasa Indonesia, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan, yaitu aspek kognitif (pengetahuan), aspek afektif (perasaan), dan aspek psikomotor (keterampilan). Dari ketiga aspek tersebut harus berimbang agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Apabila pengajaran bahasa terlalu banyak pada pemberian teori-teori, peserta didik akan tahu tentang aturan bahasa, tapi belum tentu dia dapat mempraktekkan dalam tuturan atau karangan dengan baik. Sudah bukan rahasia lagi dan seolah-olah sudah menjadi asumsi umum bahwa hasil pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah kurang memuaskan. Masalah yang dimaksud adalah dilihat dari hasil ujian sebagai barometer keberhasilan pengajaran Bahasa Indonesia. Dan seringkali penulis jumpai kelemahan-kelemahan pada hasil mengarang peserta didik. Maka pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya mengarang perlu mendapatkan perhatian lebih serius dari para guru Bahasa Indonesia. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengarang peserta didik di kelas V MI Al-Irsyad Karangbendo Ponggok Blitar dapat ditingkatkan dengan diterapkannya model pembelajaran imajinatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian TindakanKelas (Class Action Research) sebanyak dua Siklus. Setiap Siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Al-Irsyad Karangbendo Ponggok Blitar. Data diperoleh melalui instrument utama, yakni peneliti yang didukung dengan instrument penunjang berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan mengarang dengan menggunakan model pembelajaran imajinatif telah meningkat, dimana peserta didik kreatif dengan imajinasinya tanpa ada batasan-batasan. Hal itu terlihat dari hasil analisis didapatkan bahwa keterampilan mengarang peserta didik mengalami peningkatan dari Siklus I sampai Siklus II yaitu, Siklus I (66,66%), Siklus II (94,44%). Sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123031 CHUSNUL CHOTIMAH
Date Deposited: 19 Dec 2016 04:12
Last Modified: 19 Dec 2016 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item