NURWULAN SARASWATI, 12310173043 (2023) STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG GUNA MENINGKATKAN ANTUSIASME PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN KOLEKSI DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
Text
STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG GUNA MENINGKATKAN ANTUSIASME PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang diterapkan di perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung selama masa pandemi Covid-19 dan apa saja kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah menerapkan konsep marketing mix dengan menggunakan media sosial Facebook, Instagram, Telegram, Twitter, Youtube, dan web resmi sebagai media utama promosi selama masa pandemi. Menurut Philip Kotler marketing mix merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Sedangkan kendala yang dihadapi dipengaruhi oleh tiga faktor diantaranya: sumber daya manusia (pustakawan) yang terbatas, faktor pemustaka yang kurang memahami informasi perpustakaan dan lebih memilih menggunakan Google, dan faktor mesin/sistem yang mana rusaknya alat, lampu mati, perangkat dan jaringan yang belum maksimal. Kata Kunci: Strategi promosi, pemanfaatan koleksi, perpustakaan, sosial media, kendala.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 12310173043 NURWULAN SARASWATI |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:44 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42341 |
Actions (login required)
View Item |