ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI MAN 4 JOMBANG

USWATIN HASANAH, 12211193053 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI Pada Materi Gelombang Cahaya di MAN 4 Jombang” ditulis oleh Uswatin Hasanah, NIM. 12211193053, Program Studi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M. Si. Kata Kunci : Fisika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gelombang Cahaya Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah fsika yang disebabkan oleh siswa masih bealajar dengan metode ceramah dan juga menghafal rumus yang sudah diberikan oleh guru. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang masih rendah juga disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih fokus terhadap guru dan juga buku pegangan yang sudah diberikan kepada siswa. Hal tersebut dapat membatasi siswa dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Hal lain yang menyebabkan kurangnya kemampuan pemecahan masalah fisika adalah siswa kurang memperhatikan tahapan-tahapan dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika pada siswa yang berkemampuan tinggi pada materi gelombang cahaya. (2) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika pada siswa yang berkemampuan sedang pada materi gelombang cahaya. (3) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika pada siswa yang berkemampuan rendah pada materi gelombang cahaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MAN 4 Jombang. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 5 sebanyak 24 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan juga dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan masalah pada kategori tinggi siswa mampu menguasai semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada soal nomor 1,3,4,5. Pada soal nomor 2 siswa melakukan kesalahan pada indikator ke 2, dengan persentase sebanyak 29,16%. (2) Pada kategori sedang, siswa hanya mampu menguasai 4 indikator dalam kemampuan pemecahan masalah pada soal nomor 1 dan 3. Pada soal nomor 2 siswa hanya mampu menguasai 3 indikator dan hanya memenuhi 2 indikator untuk soal nomor 5 dengan persentase 33,34%. (3) Dan untuk siswa dengan kategori rendah, siswa hanya mampu menyelesaikan soal nomor 1, 3, 4 namun hanya memenuhi 3 indikator dengan persentase 37,5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193053 USWATIN HASANAH
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:24
Last Modified: 07 Dec 2023 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42397

Actions (login required)

View Item View Item