Damiati, Damiati (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi bangun datar Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]
|
Text
SKRIPSI lengkap (damiati).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Model Examples Non Examples, hasil belajar, materi bangun datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa masih kesulitan dalam mata pelajaran matematika, sehingga menyebabkan hasil belajar metematika siswa menjadi rendah, ditambah lagi masih banyaknya guru yang memposisikan siswa sebagai penerima materi yang pasif. Sehubung dengan hal di atas peneliti ingin mengemukakan salah satu model pembelajaran yang efektif yaitu model pembelajaran Examples Non Examples. Model pembelajaran Examples Non Examples membelajarkan kepekaan siswa terhadap permasalahan yang ada di sekitar melalui analisis contoh-contoh berupa gambar-gambar/foto/kasus yang bermuatan masalah. Siswa diarahkan untuk mengidentifikasi masalah, mencari alternatif pemecahan masalah, dan menentukan cara pemecahan masalah yang paling efektif. Metode pembelajaran ini dapat menggeser penerapan strategi klasikal (metode cermah) menjadi suatu metode baru yang dapat mengupayakan siswa lebih aktif dan kritis dalam berfikir, sehingga siswa tidak diposisikan sebagai penerima materi yang pasif. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah model pembelajaran Examples Non Examples berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung semester genap tahun ajaran 2012/2013?” Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah “Untuk mengetahui model pembelajaran Examples Non Examples berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung semester genap tahun ajaran 2012/2013.” Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan metode observasi, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan guru dan siswa di MTsN Karangrejo Tulungagung. Analisis data menggunakan rumus t-tes. Hasil hitung menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 3,313>1,671 yang artinya menolak
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Dec 2014 03:29 |
Last Modified: | 09 Dec 2014 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/424 |
Actions (login required)
View Item |