STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING NON-PROFESI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MTs SYAFIIYAH KECAMATAN BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO

HANIFAH, 12306193096 (2023) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING NON-PROFESI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MTs SYAFIIYAH KECAMATAN BESUK KABUPATEN PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Bimbingan Konseling Non-Profesi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa MTs Syafiiyah Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo” ini ditulis oleh Hanifah, NIM. 12306193096, Pembimbing Dr. Rizqa Ahmadi, L.c. M.A. Kata Kunci: Strategi, Guru Bimbingan Konseling Non-Profesi, Kedisiplinan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataannya masih banyak masalah tentang rendahnya kedisiplinan yang sering menghambat keberhasilan dalam proses belajar siswa di sekolah. Sehingga guru bimbingan konseling memiliki strategi untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1). Strategi guru bimbingan konseling non-profesi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. (2). Hambatan profesionalisme dalam menanggulangi kedisiplinan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi Guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs. Syafi'iyah Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo, untuk menjelaskan hambatan profesionalisme dalam menanggulangi kedisiplinan siswa di MTs. Syafi’iyah Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan design yang digunakan sigle case design yaitu suatu penelitian studi kasus yang menekankan penelitian hanya pada sebuah kasus saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki strategi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu guru bimbingan konseling harus dekat dengan diri siswa, selalu mengayomi siswa dan memberikan pengarahan kepada siswa. Strategi guru bimbingan konseling dilakukan subjek juga memiliki hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu pertama pendidikan dikarenakan guru bimbingan konseling bukan lulusan dari bimbingan konseling melainkan jurusan matematika, dengan melihat dari indikator guru profesionalisme yang pertama pengetahuan, kedua pemahaman, ketiga kemampuan, keempat nilai, kelima sikap, dan terakhir minat, guru bimbingan konseling belum menerapkan dengan baik dan masih kurang dalam pemberian layanan. Kedua jam BK untuk itu guru bimbingan konseling hanya menangani siswa yang melakukan pelanggaran, dan terkahir sarana dan prasarana oleh karena itu, guru bimbingan konseling tidak bisa memberikan layanan konseling terhadap siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193096 HANIFAH
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:46
Last Modified: 11 Dec 2023 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42516

Actions (login required)

View Item View Item