PENGELOLAAN DANA INFAK PADA PROGRAM BEASISWA YATIM PRESTASI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM PENDIDIKAN NASIONAL (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Tulungagung)

ZULFINA ALFIKA NURIL HIKMAH, 12404193043 (2024) PENGELOLAAN DANA INFAK PADA PROGRAM BEASISWA YATIM PRESTASI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM PENDIDIKAN NASIONAL (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (52MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengelolaan Dana Infak Pada Program Beasiswa Yatim Prestasi Untuk Mendukung Program Pendidikan Nasional (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Tulungagung)”, ini ditulis oleh Zulfina Alfika Nuril Hikmah, NIM. 12404193043, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Qomarul Huda,. M.Ag. Kata Kunci: Pengelolaan, Dana infak, Program Beasiswa Yatim Prestasi, Program Pendidikan Nasional. Penelitian ini dilatarbelakangi akan pentingnya pendidikan pada anak usia produktif khususnya anak yatim piatu dhuafa yang mana kebanyakan dari mereka secara terpaksa tidak bisa memenuhi program pendidikan nasional yakni 12 tahun wajib belajar dalam artian putus sekolah dini, dan hal tersebut banyak disebabkan oleh faktor perekonomian. Dengan demikian upaya peningkatan kesejahteraan pendidikan serta keikutsertaan masyarakat dalam mengentaskan permasalahan pendidikan yang disebabkan oleh faktor perekonomian tersebut, masih perlu dikaji ulang akan Pengelolaan Dana Infak Program Beasiswa Yatim Prestasi untuk Mendukung Program Pendidikan Nasional di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana pengelolaan dana infak pada program Beasiswa Yatim Prestasi untuk Mendukung Program Pendidikan Nasional? 2) Apa saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Pengelolaan Dana Infak Pada Program Beasiswa Yatim Prestasi? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dimana peneliti akan mendeskripsikan akan tema permasalahan yang diangkat. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, langsung dari informan dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis melalui tahap-tahap benkut, yakni reduksi data, teknik analisis data, pemaparan data, pengecekan keabsahan temuan, dan penankan kesimpulan. Dari hasil penelitian mi diketahui bahwasannya pengelolaan dana infak pada Program Beasiswa Yatim Prestasi di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Tulungagung sudah terbilang baik karena telah melakukan penyaluran dana infak semaksimal mungkin dan sesuai sasaran, selanjutnya bahasan tentang permasalahan yang ditemui yakni perihal sumber daya manusia, yang mana kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengeluarkan sebagian dari harta mereka untuk kemaslahatan umat. Melalui program Beasiswa Yatim Prestasi pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Tulungagung keberadaan dana infak yang ada dapat dikelola dengan baik, sehingga hal ini sangat berperan dalam mendukung Program Pendidikan Nasional 12 Tahun Wajib Belajar, demikian dapat dilihat dari sasaran program Beasiswa Yatim Prestasi sendiri ialah anak-anak yatim / piatu pada usia produktif dalam kategori dhuafa atau perekonomian rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Keuangan Islam
Ekonomi > Pembiayaan
Fiqih > Wakaf
Fiqih > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404193043 ZULFINA ALFIKA NURIL HIKMAH
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:00
Last Modified: 25 Mar 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42589

Actions (login required)

View Item View Item