PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2021)

CAHYANI ISLAMIAH, 12850821008 (2023) PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2021). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Sharia Compliance Dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2021)” yang ditulis oleh Cahyani Islamiah, NIM.12850821008, dibimbing oleh Dr. H. Mashudi, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si selaku pembimbing II Kata kunci: Sharia Compliance, Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan Bank Syariah, dan Ukuran Perusahaan Perbankan syariah di Indonesia dinilai masih belum sepenuhnya menjalankan prinsip islam. Perbankan tersebut justru sebaliknya menganut prinsip ekonomi kapitalis yang berlomba-lomba mendapatkan keuntungan yang besar. Good Corporate Governance di negara Indonesia masih sangat perlu ditingkatkan. Dapat dikatakan masih tertinggal sangat jauh jika dibandingkan negara-negara lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh IsIR terhadap Kinerja Keuangan Bank (2) Untuk menguji pengaruh PSR terhadap Kinerja Keuangan Bank (3) Untuk menguji pengaruh IIR terhadap Kinerja Keuangan Bank (4) Untuk menguji pengaruh GCG terhadap Kinerja Keuangan Bank (5) Untuk menguji pengaruh IsIR, PSR, IIR dan GCG secara bersama-sama terhadap Kinerja Keuangan Bank (6) Untuk menguji pengaruh IsIR terhadap Kinerja Keuangan Bank yang dimoderasi Ukuran Perusahaan (7) Untuk menguji pengaruh PSR terhadap Kinerja Keuangan Bank yang dimoderasi Ukuran Perusahaan (8) Untuk menguji pengaruh IIR Kinerja Keuangan Bank yang dimoderasi Ukuran Perusahaan (9) Untuk menguji pengaruh GCG terhadap Kinerja Keuangan Bank yang dimoderasi Ukuran Perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Pengumpulan data melalui data sekunder. Adapun populasi dalam penelitian adalah Bank Umum Syariah tahun 2016-2021. Dalam penelitian ini, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh 48 sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) variabel IsIR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (2) variabel PSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (3) variabel IIR tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (4) variabel GCG berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Bank (5) secara simultan menunjukkan bahwa bahwa rsecarar bersama-sama variabel IsIR, PSR, IIR, GCG berpengaruhrsignifikan rterhadap Kinerja Keuangan (6) IsIR yang dimoderasi dengan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (7) PSR yang dimoderasi dengan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja keuangan(8) IIR yang dimoderasi dengan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (9) GCG yang dimoderasi dengan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Laporan Keuangan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12850821008 CAHYANI ISLAMIAH
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:40
Last Modified: 18 Dec 2023 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42598

Actions (login required)

View Item View Item