JALUR DIALOG: MENJEMBATANI PERBEDAAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MELALUI NEGOSIASI

Dwiana Novitasari, - and Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag, 196512152003122001 (2023) JALUR DIALOG: MENJEMBATANI PERBEDAAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MELALUI NEGOSIASI. Ta'Allum, 11 (1). pp. 1-12. ISSN 2337-1891

[img] Text
JALUR DIALOG MENJEMBATANI PERBEDAAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MELALUI NEGOISASI.doc

Download (92kB)

Abstract

Pendidikan Islam mempunyai peranan penting dalam membentuk individu, masyarakat dan peradaban Islam secara keseluruhan. Konflik dan perbedaan dapat timbul dalam lembaga pendidikan Islam, namun dapat diselesaikan dengan cara yang konstruktif dan harmonis, salah satunya dengan negosiasi. Negosiasi adalah suatu proses komunikasi yang dilakukan antara dua pihak atau lebih dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan atau penyelesaian atas perbedaan atau konflik di antara mereka. Artikel ini bermaksud untuk mengetahui lebih jauh tentang pentingnya peran negosiasi dalam konteks pendidikan Islam, bagaimana negosiasi dapat dijadikan alat yang efektif untuk menjembatani perbedaan, menyelesaikan konflik, dan mencapai kesepakatan yang adil di lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa negosiasi berperan penting dalam menjembatani perbedaan yang ada di lembaga pendidikan Islam. Dengan pendekatan negosiasi yang bijaksana dan komitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan inklusif, lembaga pendidikan Islam dapat mendorong perdamaian, keharmonisan, dan pembangunan berkelanjutan di antara semua anggotanya.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. Hj. 196512152003122001 Sulistyorini, M. Ag
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:38
Last Modified: 19 Dec 2023 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42665

Actions (login required)

View Item View Item