ANALISIS PERAN INDUSTRI KECIL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KARYAWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Usaha Konveksi LC Seragam Kelurahan Tretek Kabupaten Tulungagung)

KHOLIPAH HENDAR PURWANINGSIH, 12402193074 (2023) ANALISIS PERAN INDUSTRI KECIL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KARYAWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Usaha Konveksi LC Seragam Kelurahan Tretek Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Peran Industri Kecil dalam Meningkatkan Pendapatan Karyawan ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Usaha Konveksi LC Seragam Kelurahan Tretek Kabupaten Tulungagung) ini ditulis oleh Kholipah Hendar Purwaningsih, NIM. 12402193074, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang sering dihadapi oleh masyarakat, terutama dalam hal perekonomian. Kemajuan globalisasi menyebabkan ketidakseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Hal tersebut mendorong masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya. Salah satunya dengan bekerja di sebuah industri kecil. Industri kecil yang menjadi objek dalam penelitian ini, yaitu industri kecil konveksi LC Seragam. Terdapat dua permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana peran industri kecil konveksi LC Seragam dalam meningkatkan pendapatan karyawan?, (2) Bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap industri kecil konveksi LC Seragam dalam meningkatkan pendapatan karyawan? Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) Untuk mendeskripsikan peran industri kecil konveksi LC Seragam dalam meningkatkan pendapatan karyawan, (2) Untuk mendeskripsikan tinjauan Ekonomi Islam terhadap industri kecil konveksi LC Seragam dalam meningkatkan pendapatan karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya konveksi LC Seragam mampu berperan dalam meningkatkan pendapatan karyawan. Dengan adanya konveksi tersebut mampu membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan karyawan, serta meningkatkan perekonomian keluarga, (2) Berdasarkan tinjauan Ekonomi Islam, konveksi LC Seragam sudah menerapkan prinsip-prinsip dasar Ekonomi Islam dalam menjalankan usahanya yakni prinsip ketauhidan (keesaan Tuhan), prinsip ‘adl (keadilan), prinsip nubuwwah (kenabian), prinsip khilafah (pemerintah), dan prinsip ma’ad (hasil). Kata kunci: Peran Industri Kecil, Pendapatan Karyawan, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pendapatan
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193074 KHOLIPAH HENDAR PURWANINGSIH
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:28
Last Modified: 05 Mar 2024 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42716

Actions (login required)

View Item View Item