PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA KELAS VII TINGKAT SMP/MTS (Studi Penelitian Di SMPN 1 Sumbergempol, MTs Darul Falah dan MTs ASWAJA Tunggangri Kalidawir Tulungagung).

CHINTYA KARIMATUNISA, 12209193009 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA KELAS VII TINGKAT SMP/MTS (Studi Penelitian Di SMPN 1 Sumbergempol, MTs Darul Falah dan MTs ASWAJA Tunggangri Kalidawir Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (572kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Chintya, Karimatunisa, 2023. Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Dinamika Kependudukan Indonesia Kelas VII Tingkat SMP/MTs (Studi Penelitian Di SMPN 1 Sumbergempol, MTs Darul Falah dan MTs ASWAJA Tunggangri Kalidawir Tulungagung). Skripsi, Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaung, Pembimbing: Hendra Pratama, M.Pd. NIDN: 2004088502. Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Dinamika Kependudukan Indonesia Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penerapan media pada kegiatan belajar ditiga sekolah yaitu SMPN 1 Sumbergempol, MTs ASWAJA Tunggangri dan MTs Darul Falah pada mata pelajaran IPS, buku ajar menjadi pilihan sebagai alat untuk menunjang kegiatan belajar karena sudah cukup membantu dalam mempelajari materi oleh siswa. Agar dapat memberi motivasi, pengalaman baru, maka kegiatan pembelajaran perlu adanya penggunaan media yang efektif dan efisien, salah satunya dengan menggunakan media video pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana langkah-langkah pengembangan media video pembelajaran materi dinamika kependudukan Indonesia kelas VII tingkat SMP/MTs (studi penelitian di SMPN 1 Sumbergempol, MTs Darul Falah dan MTs ASWAJA Tunggangri Kalidawir Tulungagung?, 2) bagaimana hasil tingkat kevalidan pada pengembangan media video pembelajaran materi dinamika kependudukan Indonesia kelas VII tingkat SMP/ MTs (studi penelitian di SMPN 1 Sumbergempol, MTs Darul Falah dan MTs ASWAJA Tunggangri Kalidawir Tulungagung) dengan uji validasi dan reliabilitas?. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan media video pembelajaran materi dinamika kependudukan Indonesia kelas VII tingkat SMP/MTs (studi penelitian di SMPN 1 Sumbergempol, MTs Darul Falah dan MTs ASWAJA Tunggangri Kalidawir Tulungagung), 2) untuk mengetahui bagaimana hasil tingkat kevalidan pengembangan media video pembelajaran materi dinamika kependudukan Indonesia kelas VII tingkat SMP/MTs (studi penelitian di SMPN 1 Sumbergempol, MTs Darul Falah dan MTs ASWAJA Tunggangri Kalidawir Tulungaung dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu Reseach and Development (R&D) dengan model Borg and Gall untuk mengetahui tingkat kevalidan pada penggunaan media video pembelajaran. Berdasarkan Hasil uji validasi ahli media menunjukkan hasil 98%, ahli materi menunjukkan hasil 96% dan guru IPS dengan rata-rata menunjukkan hasil 88,5% secara keseluruhan media video pembelajaran mendapat kategori “Valid” dan layak digunakan. Tingkat kevalidan pada penggunaan oleh siswa memperoleh hasil rata-rata dengan presentase 86,3%, dengan kategori bagus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193009 CHINTYA KARIMATUNISA
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:16
Last Modified: 29 Dec 2023 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42726

Actions (login required)

View Item View Item