ANALISIS LEVEL BERPIKIR VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR PADA KELAS VII B MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG

LISTIANA, 12204193087 (2023) ANALISIS LEVEL BERPIKIR VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR PADA KELAS VII B MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (913kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Level Berpikir Van Hiele Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Pada Kelas VII B MTs Negeri 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Listiana, NIM. 12204193087 Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Level Berpikir, Van Hiele, Penyelesaian Masalah Matematika, Bangun Datar. Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena bahwa level berpikir siswa berbeda-beda dalam menyelesaikan masalah matematika. Perbedaan ini menimbulkan beragamnya kemampuan belajar siswa atau perbedaan level berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya geometri materi bangun datar. Teori Van Hiele merupakan teori yang menjelaskan mengenai tahapan berpikir siswa dalam mempelajari geometri. Menurut van Hiele terdapat 5 tahap berpikir siswa dalam belajar geometri, yaitu: tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisis), tahap 2 (deduksi informal), tahap 3 (deduksi), dan tahap 4 (rigor). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan level berpikir Van Hiele dalam menyelesaikan masalah bagun datar pada siswa dengan berkemampuan tinggi kelas VII B MTs Negeri 5 Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan level berpikir Van Hiele dalam menyelesaikan masalah bagun datar pada siswa dengan berkemampuan sedang kelas VII B MTs Negeri 5 Tulungagung (3) untuk mendeskripsikan level berpikir Van Hiele dalam menyelesaikan masalah bagun datar pada siswa dengan berkemampuan rendah kelas VII B MTs Negeri 5 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini di ambil dari kelas VII B yang berjumlah 20 siswa. Dari 20 siswa tersebut diambil 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan berkemampuan tinggi mampu mencapai 3 tahap teori Van Hiele yakni tahap 0 (visualisasi), 1 (analisis), dan 2 (deduksi informal). Dimana siswa berkemampuan tinggi sudah mampu mengenali bangun datar, menyebutkan sifat-sifat bangun datar dan mampu menyelesaikan masalah yang melibatkan sifat bangun yang telah dikenali. Siswa dengan berkemampuan sedang mampu mencapai 2 tahap teori Van Hiele yakni tahap 0 (visualisasi) dan 1 (analisis). Dimana siswa berkemampuan sedang sudah mampu mengenali bangun datar dan menyebutkan sifat-sifat bangun datar namun belum bisa menyelesaikan masalah yang melibatkan sifat bangun yang dikenali. Dan Siswa berkemampuan rendah hanya mampu mencapai 1 tahap teori Van Hiele yakni tahap 0 (visualisasi) saja. Dimana siswa berkemampuan rendah hanya mampu mengenal bangun datar saja. Subjek belum mampu menyebutkan sifat-sifat bangun datar dan belum mampu menyelesaikan masalah yang melibatkan sifat bangun yang telah dikenali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193087 LISTIANA
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:53
Last Modified: 27 Dec 2023 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42745

Actions (login required)

View Item View Item