PERAN ULAMA DALAM PENANAMAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA KELUARGA PERKAWINAN BEDA AGAMA (Studi Kasus Di Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk)

MOHAMMAD RIFA'I, 12102193131 (2024) PERAN ULAMA DALAM PENANAMAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA KELUARGA PERKAWINAN BEDA AGAMA (Studi Kasus Di Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Keluarga Perkawinan Beda agama. Peinelitian ini di latarbelakangi dengan adanya Perkawinan Beda Agama di Deisa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Karena banya terjadinya kasus Peirkawinan Beda Agama, dan juga terbentuknya keluarga yang kuramg harmonis di Desa Klurahan disebabkan kurangnya sikap moderat. Fokus peinelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja urgensi penanaman sikap moderasi beiragama di Desa Klurahan? 2) Bagaimana bentuk dan peran tokoh agama dalam penanaman sikap moderasi beragama di Desa Klurahan? 3) Bagaimana tantangan penanaman sikap moderasi beragama di Desa Klurahan?. Adapaun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan urgensi penanaman sikap moiderasi beragama di Desa Klurahan 2) Untuk mendeiskripsikan bentuk dan peran ulama dalam penanaman sikap moderasi beragama di Desa Klurahan 3) Untuk menganalisis tantangan penanaman sikap moderasi beragama pada keluarga perkawinan beda agama di Desa Klurahan. Meitode peneilitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field reiseiarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peinelitian ini beirupa observasi , wawancara mendalam (indeipth inteirvieiw). Seidangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan keisimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumbeir data, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penanaman sikap moderasi beragama di Desa Klurahan ini adalah upaya untuk membangun keharmonisan dalam keluarga, karena di Desa Klurahan banyak terjadi perkawinan beda agama dan masih beilum terciptanya masyarakat yang mengerti tentang pentingnya moderasi beragama, 2) Untuk menanamkan sikap moderasi beragama diperlukan upaya upaya oleh para ulama di Desa Klurahan, bisa dengan melaluai media pendekatan yaitu dengan di ajak untuk mengikuti kajian kajian keagaam yang berisi tentang moiderasi beragama dengan para pasangan perkawinan beda agama. 3) Adapun tantangan dalam penanaman sikap modeiirasi beragama yaitu: mewujudkan generasi yang cemerlang, berwawasan luas serta akan menciptakan suatu bangsa yang rukun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Peradilan Islam
Peradilan Islam > Perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193131 MOHAMMAD RIFA'I
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:28
Last Modified: 08 Jan 2024 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42781

Actions (login required)

View Item View Item