PERAN TERAPIS DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK AUTISME DI FIRST CRAYON ACADEMY TULUNGAGUNG

TIKA NURCAHYATI, 12308193104 (2023) PERAN TERAPIS DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK AUTISME DI FIRST CRAYON ACADEMY TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
PERAN TERAPIS DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK AUTISME DI FIRST CRAYON ACADEMY TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterbatasan anak autisme salah satunya adalah motorik halus yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam pendidikan dan belajar anak. Menulis, memegang buku dan pensil merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap individu yang sedang dalam proses belajar atau sekolah. Terapi merupakan salah satu dukungan yang dapat diberikan untuk melatih kemampuan motorik halus anak tersebut. Faktor utama dalam problematika ini adalah bagaimana peran terapis dalam mengembangkan motorik halus anak autisme di First Crayon Academy Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Analisis Interpretatif Fenomenologi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive, menentukan subjek berdasarkan kriteria: 1) Terapis yang bekerja di First Crayon Academy Tulungagung, 2) Terapis yang menangani anak autisme. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan observasi partisipasi aktif. Tahap analisis yang dilakukan sebagai berikut: 1) Reading anda re-reading, 2) Initial noting, 3) Developing Emergent themes, 4) Searching for connections across emergent themes, 5) Moving the next cases, and 6) Loking for patterns across cases. Hasil penelitian menunjukkan berbagai peran yang diberikan oleh terapis kepada anak autisme, antara lain menciptakan situasi kondusif, mengupayakan adanya kontak mata antara terapis dengan anak, memiliki kemampuan untuk meningkatkan konsentrasi anak, mengupayakan kepatuhan dari anak dan pemahaman bahasa reseptif, terapis perlu menyadari dan memahami tujuan apa yang perlu dicapai dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193104 TIKA NURCAHYATI
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:45
Last Modified: 04 Jan 2024 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42784

Actions (login required)

View Item View Item