PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG

FARIDA SEPTIAWATI, 12851221010 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning pada Materi Peluang untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Negeri Se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Farida Septiawati, NIM 12851221010 dengan pembimbing Dra.Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D., dan Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Mobile Learning, Komunikasi Matematis Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fleksibilitas bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan bahan ajar yang kurang menarik membuat minat belajar siswa berkurang dan kemampuan komunikasi matematisnya cenderung rendah. Adanya kemajuan teknologi dan kepemilikan smartphone oleh sebagian besar siswa, menuntut pengembang untuk mengembangkan bahan ajar mobile learning yang menarik dan fleksibel digunakan kapanpun dimanapun. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar mobile learning pada materi Peluang untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung, (2) Mengetahui kelayakan bahan ajar mobile learning pada materi Peluang untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK Negeri se-Kabupaten Tulungagung, (3) Mengetahui keefektifan bahan ajar mobile learning pada materi Peluang untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK Negeri se- Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah model pengembangan ini memiliki sepuluh langkah kerja meliputi; 1) tahap pengumpulan informasi awal, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan produk awal, (4) tahap uji coba lapangan awal, (5) tahap revisi hasil uji coba lapangan awal, (6) tahap uji coba lapangan, (7) tahap revisi produk, (8) tahap uji pelaksanaan lapangan, (9) tahap revisi produk akhir, (10) tahap diseminasi dan implementasi. Uji coba produk dalam pengembangan ini terdiri dari uji kelompok kecil, uji kelompok besar, dan uji pelaksanaan lapangan. Uji validasi dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji coba produk dilakukan melalui 3 tahap, yakni uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan uji pelaksanaan lapangan. Produk penelitian ini yaitu bahan ajar mobile learning pada materi peluang. Pengembangan ini memperoleh hasil kevalidan bahan ajar oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori valid. Hasil kevalidan bahan ajar oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 89% dengan kategori valid. Hasil kepraktisan bahan ajar didapatkan dari hasil analisis pengamatan aktivitas pengguna persentase siswa bertanya sebesar 19% dengan kriteria dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil angket respon guru didapatkan persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil angket respon siswa didapat persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan ketuntasan hasil belajar didapat persentase sebesar 98% degan interval ketuntasan belajar sangat tinggi.Nilai rata-rata kelas eksperimen SMKN 1 Rejotangan sebesar 85,00, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76,15. Nilai rata-rata kelas eksperimen SMKN 1 Boyolangu sebesar 85,64, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 78,62. Nilai rata-rata kelas eksperimen SMKN 2 Tulungagung sebesar 82,79, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,99. Penggunaan bahan ajar Mobile Learning sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan dengan besar pengaruh effect size sedang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Himpunan
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 12851221010 FARIDA SEPTIAWATI
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:03
Last Modified: 28 Dec 2023 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42799

Actions (login required)

View Item View Item