ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN BANK SYARIAH (Studi Kasus Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

YEVA PUTRI WULANDARI, 12401193075 (2024) ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN BANK SYARIAH (Studi Kasus Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Minat Masyarakat Terhadap Keberadaan Bank Syariah (Studi Kasus Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)’’ yang ditulis oleh Yeva Putri Wulandari, program studi perbankan syariah, NIM. 12401193075, Pembimbing Nurul Fitri Ismayanti,SE.,MEI Penelitian ini dilatarbelakangi Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dananya kepada masyarakat dalam bentuk kredit/pinjaman dalam rangka untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bank berdasarkan prinsip syariah sama seperti halnya bank konvensional juga berfungsi sebagai lembaga intermediasi yang mengerahkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk fasilitas pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan. Yang membedakan keduanya hanyalah bahwa bank syariah melakukan kegiatan usahanya tidak berdasarkan bunga (interest), tetapi berdasarkan dengan prinsip syariah yakni prinsip bagi hasil baik keuntungan maupun kerugian (profit and loss sharing). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat masyarakat Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung terhadap Keberadaan Bank Syariah dan mengetahui apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung dalam menggunakan produk bank syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan Minat masyarakat terhadap keberadaan bank syariah yang masih rendah karena tidak mengetahui akan keberadaan bank syariah, namun sebagian dari responden juga sudah mengetahui atau memahami adanya bank syariah bahkan juga ada responden yang berminat bergabung dengan bank syariah namun belum saat ini. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Desa Ngranti Dalam Menggunakan Produk bank Syariah, faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat untuk bergabung di bank syariah yaitu Pengetahuan masyarakat mengenai bank syariah masih sangat rendah, Lokasi bank syariah sangat berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk tertarik bergabung di bank syariah, lokasi kantor bank syariah cukup jauh dari wilayah desa Ngranti. Hal ini tentu masyarakat lebih memilih menggunakan bank konvensional dimana terdapat bank konvensional yang masih satu wilayah dengan desa Ngranti. Apalagi saat ini banyak Mesin ATM yang tersebar dimana-mana , dan faktor Promosi merupakan alat yang bisa dilakukan bank syariah agar lebih dikenal oleh masyarakat pedesaan. Masih minimnya promosi dari pihak bank juga menimbulkan kurangnya minat masyarakat untuk bergabung. Kata Kunci : Minat, Keberadaan Bank Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193075 YEVA PUTRI WULANDARI
Date Deposited: 03 Jan 2024 09:08
Last Modified: 03 Jan 2024 09:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42946

Actions (login required)

View Item View Item