PENGARUH KUALITAS AUDIT DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

MUHAMMAD LATHIFUL MINHAJ, 126403202121 (2024) PENGARUH KUALITAS AUDIT DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kualitas Audit dan Komite Audit Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)” ini ditulis oleh Muhammad Lathiful Minhaj. NIM 126403202121, pembimbing Dr. Ali Mauludi, AC., M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penyajian laporan keuangan perusahaan guna memberikan gambaran atau informasi yang dibutuhkan oleh pihak yang berkepentingan/pengguna laporan keuangan. Dengan menyajikan laporan keuangan maka kondisi atau ukuran perusahaan tersebut dapat diketahui oleh pihak luar atau investor. Kualitas laporan keuangan berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dan sebagai ukuran efektivitas pengelolaan manajemen perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki kualitas audit dan komite audit, karena semua kegiatan operasional di perusahaan memiliki standar yang ditetapkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji hubungan kualitas audit terhadap kualitas laporan keuangan yang diproksikan dengan akrual diskresioner. 2) Untuk menguji hubungan komite audit terhadap kualitas laporan keuangan yang diproksikan dengan frekuensi rapat komite audit. 3) Untuk menguji hubungan ukuran perusahaan terhadap kualitas laporan keuangan yang diproksikan dengan logaritma natural total aset. 4) Untuk menguji hubungan interaksi antara kualitas audit dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laporan keuangan. 5) Untuk menguji hubungan interaksi komite audit dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Dan diperoleh 15 perusahaan dengan periode penelitian 2018-2022. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan software eviews 12. Alat statistik yang digunakan adalah analisis regresi data panel dan moderated regression analysis (MRA). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa 1) Kualitas audit berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan perusahaan property & real estate yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. 2) Komite audit tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan perusahaan property & real estate yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. 3) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan property & real estate yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. 4) Ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh kualitas audit terhadap kualitas laporan keuangan property & real estate yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. 5) Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh komite audit terhadap kualitas laporan keuangan property & real estate yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403202121 MUHAMMAD LATHIFUL MINHAJ
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:36
Last Modified: 08 Jan 2024 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43063

Actions (login required)

View Item View Item