MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL

SITI MAULIDAH KHOIRIYAH, 12207193039 (2024) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan di perpustakaan SMP Negeri 1 Sumbergempol berdasarkan observasi pra-lapangan yang dilakukan menemukan bahwa perpustakaan SMP Negeri 1 Sumbergempol mengutamakan kenyamanan, kebersihan, dan kerapihan susunan bahan pustaka dan pelayanan, pustakawan yang ditugaskan untuk mengelola perpustakaan tidak dibebani dengan tanggung jawab lain seperti mengajar, dan lain-lain. Peserta didik SMP Negeri 1 Sumbergempol mengalami kemunduran dalam antusiasme terhadap pemanfaatan perpustakaan. Kurangnya antusiasme ini dikarenakan kurangnya sosialisasi pentingnya buku bacaan bagi peserta didik, dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana pengolahan koleksi perpustakaan di SMP Negeri 1 Sumbergempol dalam meningkatkan minat baca peserta didik? (2) Bagaimana pengelolaan layanan pemustaka perpustakaan di SMP Negeri 1 Sumbergempol dalam meningkatkan minat baca peserta didik? (3) Bagaimana pengelolaan sumberdaya manusia perpustakaan di SMP Negeri 1 Sumbergempol dalam meningkatkan minat baca peserta didik? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pertimbangan kemungkinan data yang diperoleh berupa fakta yang terjadi di lapangan dan perlu adanya analisis secara mendalam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dimana dalam skripsi ini akan mendeskripsikan hasil data yang didapatkan dilapangan dari wawancara, observasi dan dokumentasi peneliti di lapangan. Menggunakan metode analisis dengan langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil yang diperoleh peneliti menunjukan bahwa, (1) Pengolahan koleksi perpustakaan di SMP Negeri 1 Sumbergempol dalam meningkatkan minat baca peserta didik dengan tahapan dalam pengerjaannya yaitu tahap pengadaan, inventarisasi, klasifikasi, terkahir peletakan buku pada rak perpustakaan, (2) pengelolaan layanan pemustaka perpustakaan di SMP Negeri 1 Sumbergempol dalam meningkatkan minat baca peserta didik berfokus pada menerapkan sistem layanan terbuka dalam memilih koleksi dan layanan peminjaman koleksi, (3) pengelolaan sumberdaya manusia perpustakaan di SMP Negeri 1 Sumbergempol dalam meningkatkan minat baca peserta didik berfokus pada pembagian struktur jabatan dan pemberian motivasi pada pustakawan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193039 SITI MAULIDAH KHOIRIYAH
Date Deposited: 09 Jan 2024 12:49
Last Modified: 09 Jan 2024 12:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43111

Actions (login required)

View Item View Item