KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERSTANDAR PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT) DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI KELAS VIII MTsN 5 TULUNGAGUNG

AUDREY BELLYANA, 12204193144 (2024) KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERSTANDAR PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT) DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI KELAS VIII MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berstandar PISA (Programme For International Student Assesment) Ditinjau dari Adversity Quotient di Kelas VIII MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Audrey Bellyana, NIM 12204193144. Pembimbing: Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, Bransford & Stein, Adversity Quotient, PISA. Pemecahan masalah matematika merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran matematika. Pemecahan masalah matematika dapat dilakukan dengan prosedur yang dikemukakan oleh Bransford & Stein. Dalam proses pemecahan masalah tentunya akan ada kendala yang dihadapi peserta didik. Peserta didik yang memiliki kegigihan yang baik akan mampu menghadapi kendala dalam pemecahan masalah matematika, kegigihan ini disebut Adversity Quotient. Adversity Quotient memiliki 3 tipe yaitu: Climbers, Campers, dan Quitters. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Climber dalam pemecahan masalah soal matematika PISA di kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Camper dalam menyelesaikan masalah soal matematika PISA di kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Quitter dalam menyelesaikan masalah soal matematika PISA di kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan peneliti sebagai instrument utama. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain angket, tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 5 siswa dari kelas VIII-B MTsN 5 Tulungagung yakni 2 siswa Climbers, 2 siswa Campers, dan 1 siswa Quitters. Pada Quitters menggunakan 1 subjek karena hanya ada 1 siswa yang bertipe Quitters. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemecahan masalah siswa bertipe Climbers dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA memenuhi semua langkah penyelesaian masalah Bransford & Stein, yaitu: 1) mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan, menggali solusi, melaksanakan strategi, dan mengkaji ulang serta mengevaluasi dampak dari pengaruh. 2) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang bertipe Campers dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA memenuhi 3 langkah penyelesaian masalah Bransford & Stein, yaitu: mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan, dan menggali solusi. 3) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang bertipe Quitters dalam menyelesaikan masalah matematika berstandar PISA memenuhi 2 langkah penyelesaian masalah Bransford & Stein yaitu: mengidentifikasi masalah dan menentukan tujuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193144 AUDREY BELLYANA
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:00
Last Modified: 12 Jan 2024 01:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43152

Actions (login required)

View Item View Item