MOH. AMIRUDDIN, 12204193236 (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DI MTs AL-MAARIF NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
||
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (150kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Geometri Di Mts Al-Maarif Ngantru Tulungagung” ditulis oleh Moh. Amiruddin, NIM. 12204193236, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Game Edukasi, Powerpoint, Geometri. Pembelajaran geometri merupakan bagian penting dari kurikulum matematika. Geometri sering dianggap sebagai mata pelajaran yang abstrak dan sulit dipahami oleh sebagian siswa. Motivasi belajar siswa sangat diperlukan untuk memahami materi tersebut. Dalam era teknologi informasi, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi sangat penting. Powerpoint adalah alat yang sering digunakan dalam pembelajaan. Namun, seringkali presentasi Powerpoint kurang interaktif dan kurang menarik bagi siswa. Pengembangan game edukasi berbasis PowerPoint merupakan solusi inovatif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam materi geometri. Game ini memiliki potensi untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, dan menyenangkan. Dengan menggabungkan elemen permainan ke dalam materi pembelajaran geometri, diharapkan siswa akan lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Mengembangkan game edukasi berbasis powerpoint untuk meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran geometri di MTs Al-Maarif Ngantru Tulungagung. 2) Mengetahui apakah game edukasi berbasis powerpoint tersebut valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al-Maarif Ngantru Tulugagung sebanyak 16 siswa. Analisis data dengan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan game edukasi berbasis powerpoint untuk meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran geometri di MTs Al-Maarif Ngantru Tulungagung menggunakan model ADDIE, dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. (2) Pengembangan game edukasi berbasis powerpoint valid, praktis, dan efektif. Hal ini berdasarkan pengujian kualitas kevalidan yang menunjukkan bahwa rata- rata keseluruhan bernilai 4,27 yang berarti berada pada kriteria sangat baik dan dinyatakan valid. Hasil pengujian kepraktisan menunjukkan nilai kepraktisan yaitu x̅= 3,85 yang berarti berada pada kriteria baik dan dinyatakan praktis. Serta Hasil pengujian keefektifan menunjukkan nilai peningkatan motivasi 0,42 yang berarti berada pada kriteria sedang dan menigkat serta dinyatakan efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193236 MOH.AMIRUDDIN |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 04:12 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 04:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43323 |
Actions (login required)
View Item |