PENGEMBANGAN 3D BOOK BERBASIS QR CODE DAN GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ORGAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN SISWA KELAS V SD/MI

PRASETYA RACHMAWAN, 128505203023 (2024) PENGEMBANGAN 3D BOOK BERBASIS QR CODE DAN GAME EDUKATIF SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ORGAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN SISWA KELAS V SD/MI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (593kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

Tesis dengan judul - Pengembangan 3D Book Berbasis QR-Code dan Game Edukatif Sebagai Media Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Organ Pernapasan Manusia dan Hewan Siswa Kelas V SD/MI ini ditulis oleh Prasetya Rachmawan NIM. 128505203023 dengan pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata kunci: 3D Book, IPA, QR-Code, Game Edukatif Pendidikan berkembang pesat sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru sebagai pendidik perlu melakukan pembaharuan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaan media pembelajaran sangat penting, karena siswa SD/MI pada umumnya berusia sekitar 7-12 tahun, maka pada tahap ini siswa SD/MI masih berada dalam tahap operasional konkret. Usia siswa sekitar 7-12 tahun masih senang bermain. Pendekatan yang dapat digunakan guru salah satunya adalah pendekatan bermain sambil belajar (playing by learning). Materi yang dirasa paling sukar dipahami oleh peserta didik SD/MI adalah mempelajari materi organ pernapasan makhluk hidup, karena tidak adanya sumber tambahan belajar yang menunjang peserta didik di sekolah. Belum lagi penggunaan metode konvensional dalam pembelajaran membuat peserta didik mudah bosan dan tidak konsentrasi serta kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan 3D book berbasis Qr-Code dan game edukatif yang valid menurut ahli materi, ahli media dan praktis digunakan oleh siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media, dan penilaian kepraktisan oleh siswa. Sedangkan, data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran dari ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian dan pengembangan pada penelitian ini diperoleh hasil analisis dari 3 orang ahli materi secara berurutan yaitu 88,25%, 95,75%, dan 98,25% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Selanjutnya hasil analisis dari 3 orang ahli media secara berurutan yaitu 93%, 100%, 100% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Adapun persentase uji coba kelompok kecil sebesar 96,6% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba kelompok besar sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis.Demikian dapat disimpulkan bahwa 3D Book Berbasis QR-Code dan Game Edukatif yang dikembangkan sangat valid menurut para ahli dan sangat praktis digunakan oleh siswa sehingga layak untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Buku
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203023 PRASETYA RACHMAWAN
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:24
Last Modified: 29 Jan 2024 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43482

Actions (login required)

View Item View Item