Masyrokah, Hidayatul (2014) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri Aryojeding Tahun Ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]
|
Text
Daftar Rujukan Skripsi_Hidayatul.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
1.Sampul_Hidayatul.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
2.bagian_Awal.Hidayatul.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
3.bag. INTI. Hidayatul.(3214093012).pdf Download (948kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Komunikasi Matematis. Skripsi yang membahas tentang pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap komunikasi matematis ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan pandangan mayoritas siswa bahwa Matamatika adalah ilmu yang abstrak dan hanya berisi ketrampilan hitung-hitungan saja. Angka dan simbol dalam matematika merupakan representasi matematis yang merupakan alat untuk mengkomunikasikan gagasan sebagai bentuk hasil pemikiran matematis seseorang. Komunikasi matematis merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, karena melalui komunikasi pemahaman siswa lebih dapat diukur. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam berkomunikasi maupun keterampilan proses kelompok. Penelitian ini dilakukan di MTsN Aryojeding, dengan rumusan masalah (1) Adakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa? (2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik uji-t dalam pengujian hipotesisnya., jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Selanjutnya peneliti mengambil dua kelas dengan kemampuan yang sama sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian masingmasing sebanyak 35 siswa, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan satu kelas dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes esay kemampuan komunikasi matematis bab bangun ruang (kubus dan balok). Instrument soal sebelum digunakan, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis pada siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasilnya diperoleh bahwa hitung tabel t t . Pada taraf signifikansi 5% diperoleh 10,271 > 1,669. Artinya kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) secara signifikan berbeda dengan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. xviii Adapun besar pengaruh Pembelajaraan kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) adalah 38%, artinya pembelajaraan kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) lebih baik daripada pembelajaran konvensional dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat dijadikan alternative bagi guru, khususnya guru bidang studi matematika di MTsN Aryojeding untuk mengembangkan komunikasi matematis maupun hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Dec 2014 03:53 |
Last Modified: | 09 Dec 2014 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/435 |
Actions (login required)
View Item |