MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS LAYANAN PENGGUNA (Studi Multisitus Di MTsN 1 Kota Blitar Dan MTsN 2 Blitar)

RIZQI AMALIA, 12850121030 (2024) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS LAYANAN PENGGUNA (Studi Multisitus Di MTsN 1 Kota Blitar Dan MTsN 2 Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (409kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pengguna (Studi Multisitus di MTs Negeri 1 Kota Blitar dan MTs Negeri 2 Blitar)” ini ditulis oleh Rizqi amalia dengan proctor Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Munarji, M. Ag Kata Kunci : Manajemen Perpustakaan, Kualitas, Layanan Pengguna Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna, hal ini berhubungan dengan pengelolaan SDM yang menjadi faktor utama dalam pelaksanaan pengelolaan yang terfokus dalam perencanaan, koleksi perpustakaan, fasilitas perpustakaan, dan evaluasi pengelolaan perpustakaan. Dengan demikian didalam pengelolaan tersebut akan menghasilkan layanan perpustakaan yang berkualitas tergantung pada SDM yang menjalankan, karena pengelolaan perpustakaan merupakan aktivitas pemanfatan serta pengolahan sumber daya yang akan digunakan dalam kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Blitar ?; (2) Bagaimana koleksi perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Blitar ?; (3) Bagaimana fasilitas perpustakaan dalam meningktakan kualitas layanan pengguna di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Blitar ?; (4) Bagaimana evaluasi pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna di MTsN 1 Kota Blitar dan MTsN 2 Blitar ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun untuk jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, pengamatan peran serta (observasi), dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis dari Huberman, A.M dan Miles,M dengan analisis situs tunggal, analisis multisitus, lokasi penelitian, pengumpulan data, observasi. Dengan teknik analisa data: redukai data, penyajian data, dan simpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kegiatan perencanaan dilakukan dengan merancang program-program tahunan yang tertuang ke dalam program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang dengan penyusunan yang matang serta pengawasan guna mencapai tujuan penyelenggaraan perpustakaan yang mengacu pada akreditasi perpustakan, kepala sekolah sebagai penanggung jawab perpustakaan, staf perpustakaan bertugas dalam pelayanan teknis dan koordinator urusan sirkulasi serta refrensi ; (2) Koleksi perpustakaan semakin bertambah baik secara jumlah maupun jenis dari kuantitas dan kualitas, dengan pengadaan bahan pustakaan dilakukan melalui pertimbangan beberapa syarat yaitu relevansi, kemuthakhiran atau update, da nisi buku serta bahasa yang digunakan; (3) Pengelolaan fasilitas yang dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah perpustkaan terkait dengan “ketiadaan atau ketidakberdayaan” fasilitas. Setiap perpustakaan mempunyai karakteristik masing-masing dalam perencanaan fasilitas, akan tetapi kedua perpustakaan selalu memperhatikan 3 komponen penting (Nyaman, terbuka, dan kemudahan bagi pengguna); (4) Bidang-bidang yang dievaluasi untuk kegiatan penilaian layanan perpustakaan diantaranya anggaran, koleksi, gedung dan fasilitas, keterjangkauan dan ketersediaan, pemeliharaan dan pelestarian, keterpakaian koleksi serta mutu layanan. Dalam proses kegiatan evaluasi terdapat dua sistem yaitu ditinjau dari pelaporan bentuk administrasi dan kunjungan langsung ke lokasi untuk melihat secara langsung situasi yang ada di perpustakaan. Evaluasi perpustakaan dilakukan oleh bagian Internal Madrasah (Kepala Sekolah) dan Eksternal (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121030 RIZQI AMALIA
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:41
Last Modified: 02 Feb 2024 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43575

Actions (login required)

View Item View Item