POTRET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASYARAKAT MIGRAN INDOENSIA DI TAIWAN (Studi Ekspresi Pendidikan Agama Islam Migran Indonesia di Taiwan)

A. NANAN NAJMUL MUTTAQIN, 128506204036 (2024) POTRET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASYARAKAT MIGRAN INDOENSIA DI TAIWAN (Studi Ekspresi Pendidikan Agama Islam Migran Indonesia di Taiwan). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Potret Pendidikan Agama Islam Masyarakat Migran Indoensia Di Taiwan (Studi Ekspresi Pendidikan Agama Islam Migran Indonesia di Taiwan)”, yang ditulis oleh A. Nanan Najmul Muttaqin, dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr. Agus Zainul Fitri, M. Pd Kata Kunci: Pendidikan Islam, Masyarakat, Migran Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk identitas dan mengembangkan potensi individu dalam komunitas Muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali bagi penduduk migran Indonesia di Taiwan dan perkembangan Agama Islam di daerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran Pendidikan Agama Islam masyarakat migran indonesia di Taiwan, bentuk metode pembelajarannya serta dampaknya bagi masyarakat migran Indonesia di Taiwan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Desain penelitian ini menggunakan studi kasus terhadap ekspresi Pendidikan Agama Islam. strategi pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alami), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi Selain kelompok-kelompok komunitas, masjid, teknologi informasi, dan media sosial telah memainkan peran yang signifikan dalam menyediakan sumber pendidikan Islam. Tujuan pendidikan Islam adalah membekali peserta didik agar memiliki kemampuan dan kesiapan memasuki lingkungan masyarakat berbekal Al-Qur`an dan As-Sunnah. Metode pendidikan Islam dikelompokkan menjadi tiga, yang mencakup aspek pengajaran, pembelajaran, dan pengorganisasian kegiatan keislaman. Pendidikan agama Islam dapat memiliki dampak positif pada kehidupan sosial masyarakat migran Indonesia di Taiwan, meningkatkan identitas keagamaan, integrasi sosial, menumbuhkan sikap toleransi, dan lain-lain.Kerjasama antara lembaga pendidikan, organisasi keagamaan, pemerintah, dan masyarakat sipil penting untuk menyediakan dukungan yang komprehensif bagi masyarakat migran Indonesia di Taiwan. Kerjasama ini mencakup pertukaran pengetahuan, program bersama, dan kolaborasi dalam memberikan layanan pendidikan dan keagamaan terpadu serta mendorong kegiatan ekstrakurikuler berupa kelompok studi agama, seminar, bimbingan keagamaan, atau kegiatan sosial keagamaan untuk membantu memperkuat pemahaman agama dan memperdalam ikatan antaranggota komunitas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Masyarakat Islam
Pendidikan Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 128506203036 A NANAN NAJMUL MUTTAQIN
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:12
Last Modified: 21 Mar 2024 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43587

Actions (login required)

View Item View Item