STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH KERAJAAN BANK KHAOTOOM SCHOOL PATTANI THAILAND

KARYADI, 2811123117 (2016) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH KERAJAAN BANK KHAOTOOM SCHOOL PATTANI THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER I Karyadi Oke 2.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I, Karyadi.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II,Karyadi.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
BAB III, Karyadi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Karyadi.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Karyadi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Karyadi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Oke 4.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih dalam Menanamkan Nilai-nilai Religius Melalui Kegiatan keagamaan Peserta Didik di Sekolah Kerajaan Bank Khaotoom School Pattani Thailand” ini di tulis oleh Karyadi, NIM. 2811123117, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata-kata kunci: Strategi guru, Nilai religius Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang serba materi seperti saat ini banyak umat Islam yang begitu ringan meninggalkan shalat berjamaah, baca al-quran, dan dzikir, umat lebih sibuk dengan kepentingan dunia. Padahal dengan shalat berjamaah, baca al-quran, dan dzikir banyak mengandung hikmah: dapat membangun persatuan umat, memaklumatkan syiar Islam, mengikis kesenjangan sosial antara anggota masyarakat, memupuk semangat ukhuwah umat Islam, giat belajar, konsisten, dan masih banyak lagi. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagimana pendekatan guru fiqih dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan peserta didik di sekolah kerajaan Bank Khaotoom School Pattani Thailand?,2) Bagaimana metode pembelajaran yang digunakan guru fiqih dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan peserta didik di sekolah kerajaan Bank Khaotoom School Pattani Thailand?, 3) Apa faktor pendukung guru fiqih dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan peserta didik di sekolah kerajaan Bank Khaotoom School Pattani Thailand?, 4) Apa faktor penghambat guru fiqih dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan peserta didik di sekolah kerajaan Bank Khaotoom School Pattani Thailand? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian: 1) Pendekatan guru fiqih dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan peserta didik di sekolah kerajaan Bank Khaotoom School Pattani Thailand peserta melalui pendekatan individual dan pendekatan kelompok. Pendekatan individual yang digunakan (a) berakhlak mulia kepada Allah dan sesama (b) berpegang teguh pada ajaran-ajaran Islam. (c) bersikap ridho, optimis, percaya diri, menguasai emosi, dan sabar. (d) shalat berjamaah, baca al-quran, dzikir dan mendekatkan diri kepada Allah serta bermuamalah dengan baik. Pendekatan kelompok dilakukan dengan jalan: (a) adanya program sholat dhuhur berjamaah, baca al-quran, dan dzikir, (b) pembentukan guru yang bertanggung jawab atas pelaksanaan shalat berjamaah, baca al-quran, dan dzikir, (c) diadakannya peringatan-peringatan hari besar Islam. (d) adanya kegiatan pondok ramadhan. (e) adanya peraturan-peraturan tentang kedisiplin dan tata tertib sekolah. 2) Metode-metode pembelajaran yang digunakan: a) Metode keteladananan, tujuan pendidikan dengan memberi contoh keteladanan yang baik kepada peserta didik agar mereka dapat berkembang, baik fisik maupun mental dan memiliki akhlak yang baik dan benar. b) Metode ceramah, inti dari metode ceramah adalah materi-materi pelajaran disampaikan dengan lisan., disampaikan dengan ceramah melalui kultum yang mana yang berceramah adalah salah satu dari guru. c) Metode targhib dan tarhib. Dengan metode targhib, keutamaan, kedamaian, kelembutan ajaran agama islam akan lebih tarasa. Namun metode tarhib juga perlu digunakan agar seseorang yang telah melakukan shalat berjamaah, baca al-quran, dan dzikir lebih menjaga shalat berjamaah, baca al-quran, dan dzikir dan tidak ceroboh dengan mudah meninggalkan shalat berjamaah, baca al-quran, dan dzikir. 3) Faktor-faktor yang mendukung dapat berjalan karena didukung dengan adanya sarana dan prasarana dengan baik. Mengenai sarana dan prasarana yang dimaksud antara lain sarana fisik, yang mana sarana fisik tersebut terdiri dari lembaga yang memiliki tugas untuk mengembangkan peserta didik melalui pendidikan, dan media pendidikan dan sarana non fisik, yang berupa kurikulum, metode, manajemen, dan lain-lain. 4) Faktor-faktor yang menghambat: a) Masih adanya beberapa kesadaran peserta didik yang minim dan kurang, b) Kurangnya kekompakan guru-guru agama untuk lebih berperan aktif dalam membimbing para siswa untuk melaksanakan shalat berjamaah,baca al-quran, dan dzikir, c) Belum adanya pemisahan antara tempat wudhu putra dan tempat wudhu putri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123117 KARYADI
Date Deposited: 28 Dec 2016 04:00
Last Modified: 28 Dec 2016 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item