DIAGNOSIS MISKONSEPSI SISWA KELAS XI MIPA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES FOUR TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS WEB PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 WATES

DZURROTINA QURROTA A'YUN, 12212193087 (2024) DIAGNOSIS MISKONSEPSI SISWA KELAS XI MIPA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES FOUR TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS WEB PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 WATES. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Diagnosis Miskonsepsi Siswa Kelas XI MIPA Menggunakan Instrumen Tes Four Tier Multiple Choice Berbasis Web pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMA Negeri 1 Wates” ditulis oleh Dzurrotina Qurrota A’yun, NIM. 12212193087, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata Kunci: Miskonsepsi, Four Tier Multiple Choice, Kesetimbangan Kimia Miskonsepsi merupakan kesalahan atau ketidaksesuaian pemahaman konsep yang dimiliki siswa dengan konsep yang ditetapkan para ahli, pemahaman siswa terhadap suatu konsep secara tidak konsisten atau ketidakmampuan siswa menghubungkan konsep awal yang dimilikinya dengan konsep yang baru diterima. Miskonsepsi sering terjadi ketika mempelajari materi yang memuat pemahaman abstrak serta memiliki tiga tingkat representasi yaitu makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Materi kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi yang memuat tiga penalaran tersebut. Adanya miskonsepsi siswa pada materi ini dapat mengganggu, menghambat, bahkan menimbulkan miskonsepsi berkelanjutan pada materi berikutnya seperti pada materi asam-basa, reaksi reduksi-oksidasi dan kelarutan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah terdapat miskonsepsi pada materi kesetimbangan kimia ini dengan menggunakan instrumen tes four tier multiple choice berbasis web yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan instrumen tes lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan yakni : (1) untuk mendeskripsikan persentase miskonsepsi yang dialami siswa SMA Negeri 1 Wates pada konsep kesetimbangan kimia, (2) untuk mendeskripsikan pada sub konsep apa saja miskonsepsi yang dialami siswa SMA Negeri 1 Wates dalam materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Wates sebanyak 35 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan tes four tier multiple choice berbasis web atau dikerjakan melalui Google Formulir dengan setiap satu butir soal memiliki empat tingkat. Keempat tingkat tersebut antara lain: tier 1 merupakan pertanyaan konsepsional, tier 2 mengenai keyakinan siswa menjawab pertanyaan tier 1, tier 3 tentang alasan siswa menjawab pertanyaan tier 1, dan tier 4 tentang keyakinan siswa menjawab alasan mereka pada tier 3. Dari jawaban yang dipilih siswa pada tiap butir soal kemudian dianalisis menjadi 4 kategori yakni paham konsep, tidak paham konsep, miskonsepsi, dan eror. Setelah diperoleh hasil kategori pemahaman siswa selanjutnya hasil tersebut dicari persentase miskonsepsinya dalam tiap sub konsep. Hasil penelitian ini antara lain: (1)persentase miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia secara keseluruhan sebesar 13,57% (2)persentase miskonsepsi pada tiap sub konsep yaitu: (a)definisi kesetimbangan kimia sebesar 11,91%; (b)kesetimbangan homogen dan heterogen sebesar 10,86%; (c) tetapan kesetimbangan sebesar 13,71%; (d)faktor pergeseran kesetimbangan sebesar 18,57 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Kimia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193087 DZURROTINA QURROTA A'YUN
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:04
Last Modified: 06 Feb 2024 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43595

Actions (login required)

View Item View Item