STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BIBIT TANAMAN HUTAN DAN BUAH-BUAHAN DI CV AGRO UTAMA MANDIRI LESTARI KEDIRI

SENDY MAHENDRA FATKHI, 12405173105 (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BIBIT TANAMAN HUTAN DAN BUAH-BUAHAN DI CV AGRO UTAMA MANDIRI LESTARI KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Indonesia memiliki lahan yang luas dan bercirikan lingkungan tropis, sehingga menawarkan sumber daya yang cukup untuk mendukung wirausaha yang bergerak di bidang budidaya buah-buahan. CV. Agro Utama Mandiri Lestari yang terletak di Dusun Munengan, Desa Mangunrejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, bergerak dalam bentuk badan usaha yang bergerak di bidang perdagangan bibit tanaman buahbuahan dan hutan. Saat ini, perusahaan fokus meningkatkan pendapatan penjualan melalui penerapan strategi pemasaran yang efektif. CV. Agro Utama Mandiri Lestari memiliki strategi pemasaran yang melibatkan kemitraan dengan lembaga pendidikan dan organisasi terkait. Pendekatan ini mencakup pemberian layanan pendidikan dalam bentuk pelatihan pembibitan tanaman buah dan hutan. Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif dalam karya tulis ini. Metodologi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penggunaan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan temuan dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa CV. PT. Agro Utama Mandiri Lestari menerapkan strategi pemasaran yang mencakup bauran pemasaran 4P, yaitu: a. Produk, b. Harga, c. Tempat, dan d. Promosi, menggunakan berbagai saluran seperti media radio elektronik, pamflet, pelatihan, dan seminar. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh CV. Agro Utama Mandiri Lestari untuk meningkatkan penjualan melibatkan berbagai pendekatan. Pertama, perusahaan mengutamakan jaminan kualitas benih. Selain itu, mereka terlibat dalam program kolaborasi pendidikan, sesi pelatihan, dan seminar dengan sekolah pertanian, lembaga pemerintah, dinas pertanian, dan dinas kehutanan. Hasil dari upaya kolaboratif ini terbukti sangat berdampak, menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan. Kata kunci: Pelatihan; Strategi pemasaran; Penjualan Bibi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173105 SENDY MAHENDRA FATKHI
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:51
Last Modified: 19 Feb 2024 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43692

Actions (login required)

View Item View Item