MUCHAMAD FAJRUL FALAH AS SAIFY, 12312183008 (2024) KONTEKSTUALISASI MAKNA HADITS TENTANG HUKUMAN PERILAKU HOMOSEKSUAL (Pendekatan Hermeunetika Syuhudi Ismail). [ Skripsi ]
Text
KONTEKSTUALISASI MAKNA HADITS TENTANG HUKUMAN PERILAKU HOMOSEKSUAL (Pendekatan Hermeunetika Syuhudi Ismail).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan maraknya fenomena yang bersifat empiris dengan ajaran agama Islam. Fenomena yang disebut dengan istilah LGBT ini ditakuti akan menjadi hal yang wajar di Indonesia, pasalnya adanya beberapa pasangan yang saling menyukai sesama jenis. Penelitian ini berusaha memaparkan tentang makna teks dan konteks serta upaya kontekstualisasi makna hadits tentang hukuman pelaku homoksesual dengan mengajukan tiga rumusan masalah yaitu pertama, bagaimana kualitas hadis tentang homoseksual. Kedua, Bagaimana analisis mukhtalif hadis tentang homoseksual secara teks dan konteks. Ketiga, Bagaimana kontekstualisasi makna hadits tentang hukuman pelaku homoseksual. Penelitian ini merupakan jenis studi kepustakaan dengan pendekatan maanil hadits serta mengambil teori yang digunakan oleh Syuhudi Ismail sebagai langkah pendekatan untuk mengkaji makna hadis tersebut. Sebagai hasil temuan dari penelitian ini yaitu, pertama, hadis tentang homoseksual dinilai memiliki kualitas hasan. Kedua, berdasarkan hasil analisis mukhtalif hadis secara teks dan konteks yang disimpulkan melalui metode tarjih, hukuman yang diambil yakni hukuman dibunuh daripada dirajam. Ketiga, analisis secara kontekstualisasi penulis menyimpulkan bahwa hukuman yang digunakan yakni hukuman dibunuh. Kata Kunci : Hadits, Homoseksual, Hukuman
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Tafsir Hadist |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Hadits |
Depositing User: | 12312183008 MUCHAMAD FAJRUL FALAH AS SAIFY |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 02:57 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43751 |
Actions (login required)
View Item |