PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDI SUNAN GIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DIAH NUR INDRASARI, 2817123038 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDI SUNAN GIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Diah, Nur Indrasari. 2016, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Simulasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr.Agus Purwowidodo,M.Pd. Kata Kunci : Metode Simulasi, Motivasi, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung pada pelajaran IPA yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena motivasi peserta didik dalam meraih prestasi belajar yang maksimal masih sangat kurang. Selain itu karena kegiatan pembelajaran dikelas yang dilakukan masih menggunakan metode bembelajaran ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas, sehingga motivasi peserta didik dalam belajar kurang. Dalam penelitian ini penelitian menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe simulasi dalam setting pembelajaran kelompok, untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peningkatan motivasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe simulasi peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung? 2. Bagimana peningkatan prestasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe simulasi Peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian tersebut adalah : 1. Mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe simulasi peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. 2. Mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe simulasi peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran dikelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan (plan), (2) tahap pelaksanaan (action), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan angket digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Metode yang digunakan peneliti adalah metode simulasi, terdapat empat tahap dalam pelaksanaan simulasi ini, yang meliputi: (1) Tahap orientasi, (2) tahap latihan bagi peserta, (3) tahap proses simulasi, dan (4) Tahap pemantapan dan debrifing. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Simulasi, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi dan prestasi belajar peseta didik mengalami peningkatan dari awal pre test hingga post test siklus kedua yaitu, (1) Motivasi belajar peserta didik sebelum diterapkanya metode simulai menperoleh skor rata-rata 72,13 (sedang) dan skor rata-rata yang diperoleh pada angket motivasi belajar setelah dilakukan tindakan adalah 79,78 (tinggi). (2) Hasil prestasi belajar peserta didik saat pre test (17,39%), post test siklus pertama (65,21%), dan post test siklus kedua (91,30%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaan kooperatif tipe simulasi mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123038 DIAH NUR INDRASARI
Date Deposited: 29 Dec 2016 02:40
Last Modified: 29 Dec 2016 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item