PENYEDIAAN AYAM POTONG UNTUK MENGHADAPI MELONJAKNYA HARGA JUAL DAGING AYAM POTONG DI PASARAN DITINJAU DARI UU PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR 32 TAHUN 2017 DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di UD. Ayam Segar Kecamatan Sumbergempol Tulungagung)

AHMAD RIJAL FATONI, 12101193047 (2024) PENYEDIAAN AYAM POTONG UNTUK MENGHADAPI MELONJAKNYA HARGA JUAL DAGING AYAM POTONG DI PASARAN DITINJAU DARI UU PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR 32 TAHUN 2017 DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di UD. Ayam Segar Kecamatan Sumbergempol Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Penyediaan Ayam Potong, Melonjaknya Harga Jual Daging, Di pasaran. Dalam dunia dagang pastinya ada untung dan ada rugi, untuk memperoleh keuntungan seorang pelaku usaha pastinya mempunyai cara tertentu untuk bersaing dengan pelaku usaha lain. salah satunya dalam mencari keuntunganya itu dengan proses penyediaan. Penyediaan kali ini berupa ayam potong dilakukan untuk menghadapi melonjaknya harga jual daging ayam potong di pasaran. Penelitian ini di latar belakangi tentang bagaimana penyedia ayam potong untuk menghadapi melonjaknya harga jual daging ayam potong di pasaran yang ditinjau dengan UU PERMENTAN No. 32 Tahun 2017 dan Hukum Islam. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana penyediaan ayam potong untuk menghadapi melonjaknya harga di UD. Ayam Segar? 2). Bagaimana penerapan UU Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32 tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi yang disediakan oleh UD. Ayam Segar? 3). Bagaimana penerapan Hukum Islam terhadap penyediaan ayam potong di UD. Ayam Segar?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan data collecting, data editing, data reducting, data display, data verifikasi, data konklusi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). UD. Ayam Segar melakukan aktivitas penyedian bukan semata mata karna mencari keuntungan sepihak saja, namun dengan adanya penyediaan UD. Ayam Segar bisa memperoleh harga yang stabil dimana disaat harga ayam potong dirasa mengalami penurunan stok ayam potong yang di sediakan untuk berjaga jaga jika harga ayam potong akan melonjak. 2). Penyediaan yang di lakukan UD. Ayam Segar di rasa tidak melanggar UU PERMENTAN No. 32 Tahun 2017 dan semua pengelola tidak mengetahui betul perkara ada aturan yang tertulis dari pemerintah terkait aktivitas penyediaan tersebut. UU tersebut mengatur aktivitas penyediaan dan distribusi dalam lingkup nasional, UD. Ayam Segar hanya menyediakan barang di satu lingkup usahanya saja dan tidak akan mempengaruhi harga jual ayam potong pada skala nasional. 3). Dan terkait dengan aktivitas penyediaan Hukum Islam tidak melarang aktivitas yang di lakukan UD.Ayam Segar selagi tidak berdampak pada kestabilan harga ayam dalam skala besar dan tidak merugikan pihak manapun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193047 AHMAD RIJAL FATONI
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:32
Last Modified: 26 Feb 2024 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43795

Actions (login required)

View Item View Item