PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN DALAM BENTUK PADI PASCA PANEN (Studi Kasus Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

ERLIN NUR'AINA KHARISMA MELATI, 12101193119 (2024) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP ARISAN DALAM BENTUK PADI PASCA PANEN (Studi Kasus Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)

Abstract

Erlin Nur’aina Kharisma Melati, NIM. 12101193119, “Pandangan Hukum Islam Terhadap Arisan Dalam Bentuk Padi Pasca Panen (Studi Kasus Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)”, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I Kata Kunci: Arisan Padi, Utang Piutang, Hukum Islam Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya praktik arisan di Desa Tanen Kecamatan rejotangan Kabupaten Tulungagung. Praktik arisan ini sedikit berbeda dimana subjek yang digunakan untuk arisan adalah padi pasca panen. Arisan pada kelompok ini menggunakan padi sebagai objeknya, tetapi terdapat beberapa anggota yang membayar menggunakan uang dengan ketentuan nilainya sama dengan harga padi pada saat itu sehingga terdapat perbedaan perolehan tiap pelaksanaannya. Pada arisan ini telah disepakati bahwa padi yang digunakan harus padi yang bersih dan juga telah dijemur kering. Akan tetapi, pada praktiknya ditemukan padi yang tidak sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana praktik arisan dalam bentuk padi pasca panen di Desa Tanen kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik arisan dalam bentuk padi pasca panen di Desa Tanen kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan praktik arisan dalam bentuk padi pasca panen di Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung 2) Menganalisis pandangan hukum Islam terhadap arisan dalam bentuk padi pasca panen di Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: 1) Praktik arisan ini telah ada sejak tahun 2019. Praktik arisan ini menggunakan padi sebagai objek pembayarannya, namun beberapa anggota menggunakan uang dengan ketentuan nilainya sesuai harga padi pada saat itu. 2) Praktik arisan dalam bentuk padi pasca panen di Desa Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung menurut pandangan hukum Islam secara syarat dan rukunnya telah sah, namun karena terdapat anggota yang membayar arisan dengan padi yang kualitasnya buruk yang bertentangan dengan syarat yang telah disepakati, maka hal ini menyebabkan akad tersebut tidak sah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akad
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193119 ERLIN NUR'AINA KHARISMA MELATI
Date Deposited: 27 Feb 2024 01:00
Last Modified: 27 Feb 2024 01:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43806

Actions (login required)

View Item View Item