PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS: STUDI KASUS PADA UKM VEBCAKE TULUNGAGUNG

FIA TRI ANGGRAINI, 12405193045 (2024) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS: STUDI KASUS PADA UKM VEBCAKE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS STUDI KASUS PADA UKM VEBCAKE TULUNGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Media sosial kini menjadi sesuatu yang melekat di kehidupan masyarakat. Di era digital ini, pengguna media sosial telah mengalami banyak peningkatan sehingga untuk mendapatkan efektivitas dalam komunikasi pemasaran, Vebcake memilih untuk menggunakan media sosial. Melalui strategi tersebut, Vebcake mampu meningkatkan brand awareness pada usahanya. Komunikasi pemasaran sendiri merupakan hal yang berperan penting dalam meningkatkan brand awareness. Vebcake merupakan usaha yang bergerak di bidang bakery di Tulungagung sudah dikenal baik oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat melalui media sosial Vebcake yang telah memiliki puluhan ribu pengikut dan omzet penjualan yang meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan penelitian pendahulu, Vebcake ini telah memiliki brand awareness yang bagus. Konsumen telah memiliki persepsi yang baik terhadap Brand Vebcake dan mengatakan bahwa produk dari Brand Vebcake ini enak dan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi komunikasi pemasaran melalui sosial media yang dilakukan Vebcake dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Vebcake mengimplementasikan bauran komunikasi pemasaran secara rutin sehingga masyarakat dapat sadar dengan keberadaan Brand Vebcake. Bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah berupa periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran online dan media sosial, mobile marketing, pemasaran langsung dan basis data, serta penjualan pribadi. Adapun kendala yang pernah dihadapi Vebcake selama menjalankan komunikasi pemasaran ini adalah masalah miskomunikasi dan alat komunikasi (smartphone) yang sempat rusak. Kata Kunci: brand awareness; komunikasi pemasaran; media sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193045 FIA TRI ANGGRAINI
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:08
Last Modified: 01 Mar 2024 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43826

Actions (login required)

View Item View Item