PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAMAH PAGERSARI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DEWI PUSFASARI, 2817123036 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAMAH PAGERSARI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas IV MI Darussalamah Pagersari Kalidawir Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Dewi Pusfasari, NIM. 2817123036, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs H.Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tiepe think pair and share (TPS), Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Pagersari Kalidawir yang dianggap membosankan bagi siswa karena mata pelajaran yang dicangkup sangat luas. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang diajarkan berisi kenampakan alam, keadaan masyarakat, Negara – Negara dunia, dan juga mencangkup peristiwa – peristiwa pada masa lampau yang masa itu peserta didik tidak dapat mengetahuinya secara langsung. Aktivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini hanya didomisili oleh guru dan kurang melibatkan keaktifan peserta didik, selama ini metode mengajar yang digunakan adalah metode ceramah. Adanya kelemahan dalam melaksanakan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berdampak pada kualitas akademik/hasil belajar peserta didik. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan dalam metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi koperasi dan kesejahteraan rakyat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan rakyat pada peserta didik kelas IV di MI Darussalamah Pagersari Kalidawir Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan pada peserta didik kelas IV di MI Darussalamah Pagersari Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan rakyat pada peserta didik kelas IV di MI Darussalamah Pagersari Kalidawir Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan rakyat pada peserta didik kelas IV di MI Darussalamah Pagersari Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016 Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah MI Darussalamah Pagersari Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Maksimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan bahwa pada siklus 50% yang sebelumnya pre test (test awal) hanya sebesar 40% dan siklus II sebesar 90%, peserta didik terus mengalami kenaikan. Hal ini menunjukkan bahwa aktifitas pendidik dan peserta didik menunjukkan pada kriteria yang sangat baik. Dari data tersebut terlihat bhwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi koperasi dan kesejahteraan rakyat peserta didik kelas IV MI Darussalamah Pagersari Kalidawir tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123036 DEWI PUSFASARI
Date Deposited: 29 Dec 2016 04:35
Last Modified: 29 Dec 2016 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item