EFEKTIVITAS MEDIASI NON LITIGASI YANG MELIBATKAN MODIN SEBAGAI MEDIATOR DALAM SENGKETA RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan)

MUHAMMAD KHOIRUL MUTTAQIN, 12102173108 (2023) EFEKTIVITAS MEDIASI NON LITIGASI YANG MELIBATKAN MODIN SEBAGAI MEDIATOR DALAM SENGKETA RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penyelesaian sengketa nonlitigasi dalam rumah tangga sering dilakukan dengan melibatkan para tokoh adat atau biasa disebut dengan modin. Modin atau tokoh adat sebagai mediatornya cukup terasa dapat menyelesaikan masalah khususnya masalah keluarga, hal inilah yang dirasakan masyarakat Desa Bungur Kecamatan Tulakan sehingga masyarakat disana lebih memilih menyelesaikan masalah melalui proses mediasi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti mengambil penelitian dengan judul efektivitas mediasi non litigasi yang melibatkan modin sebagai mediator dalam sengketa rumah tangga (Studi Kasus di Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah peran modin sebagai mediator dalam mediasi non litigasi terhadap sengketa dalam rumah tangga di desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan?. 2) Bagaimana efektivitas hukum dari hasil mediasi yang dilakukan oleh modin dalam mediasi non litigasi terhadap sengketa dalam rumah tangga di desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Penelitian ini menggunakan data primer dan juga data sekunder, data primer diperoleh dari hasil wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan skripsi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini yaitu 1) Peran modin sebagai mediator dalam mediasi non litigasi terhadap sengketa dalam rumah tangga di desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan yaitu memberikan pemahaman kepada para pihak mengenai akibat dari sengketa keluarga, memberikan jalan tengah dari sengketa keluarga yang tengah terjadi, serta mendamaikan para pihak. 2). Efektivitas mediasi yang dilakukan oleh modin dalam mediasi non litigasi terhadap sengketa dalam rumah tangga di desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan dapat dikatakan cukup efektif hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya sengketa keluarga yang berhasil diselesaikan. Efektivitas hasil mediasi tersebut dipengaruhi oleh faktor penegak atau modin, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan dari masyarakat Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat Islam
Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102173108 MUHAMMAD KHOIRUL MUTTAQIN
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:02
Last Modified: 08 Mar 2024 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44023

Actions (login required)

View Item View Item