STRATREGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SHOLAT DHUHA DI MTS NURUL FALAH KEDUNGLURAH TRENGGALEK

AHMAD AN’IM FAJRUSSOLAH, 12201173283 (2024) STRATREGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SHOLAT DHUHA DI MTS NURUL FALAH KEDUNGLURAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Stratregi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Disiplin Sholat Dhuha Di Mts Nurul Falah Kedunglurah Trenggalek” ini ditulis oleh Ahmad An’im Fajrussolah NIM.12201173283 dan dibimbing oleh Ibu Liatul Rohmah M, Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru Fiqih, Disiplin Sholat Dhuha Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita sekarang di kalangan remaja sudah banyak terjadiperilakuyang menyimpang dari ajaran Islam,contohnya pencurian, minuman minuman keras, tawuran antar pelajar dan pergaulan bebas. Sehingga perlu diadakan kegiatan agama di sekolah yang dapat menunjang mental keagamaan pada diri remaja tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya kebiasaan shalat atau kedisiplinan dalam beribadah. Dalam hal ini guru berperan besar dalam membentuk karakter peserta didik dengan cara membiasakan sholat yang dimana di madrasah ini terdapat kegiatan sholat dhuha, diharapkan mampu menjadi kebiasaan baik untuk para peserta didik dan juga guru. karena shalat adalah pemisah antara keimanan dan kekafiran serta mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru fiqih dalam meningkatkan disiplin sholat dhuha peserta didik di MTs Nurul Falah Kedunglurah Pogalan Trenggalek? 2) Bagaimana implikasi strategi guru fiqih dalam meningkatkan disiplin sholat dhuha peserta didik di MTs Nurul Falah Kedunglurah Pogalan Trenggalek? 3) Bagaimana hambatan guru fiqih dalam meningkatkan disiplin sholat dhuha peserta didik MTs Nurul Falah Kedunglurah Pogalan Trenggalek? Adapun tujuan pada skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi guru fiqih dalam meningkatkan disiplin sholat dhuha peserta didik di MTs Nurul Falah Kedunglurah Pogalan Trenggalek. 2) Untuk mengetahui implikasi strategi guru fiqih dalam meningkatkan disiplin sholat dhuha peserta didik di MTs Nurul Falah Kedunglurah Pogalan Trenggalek. 3) Untuk mengetahui hambatan guru fiqih dalam meningkatkan disiplin sholat dhuha peserta didik di MTs Nurul Falah Kedunglurah Pogalan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada Kabupaten Trenggalek yaitu di MTs Nurul Falah Kedunglurah Trenggalek tepatnya terletak di Jalan Raya Tulungagung – Trenggalek Ds. Kedunglurah, Kec. Pogalan, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), penyajian data, dan verifikasi (menarik kesimpulan). Pengabsahan data menggunakan keikutsertaan peneliti, trianggulasi, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik, yang dilakukan guru sebagai berikut: a) peraturan Kepala Sekolah. b) Perintah untuk melaksanakan shalat dhuha. Perintah ini dilakukan dengan memberikan himbauan secara lisan kepada peserta didik yang dilakukan oleh guru yang sudah mendapatkan tugas untuk mendampingi dan mengawasi jalannya ibadah agar segera ke masjid beberapa saat sebelum ibadah shalat dhuha di laksanakan. c) Buku catatan keagamaan yang dipegang setiap peserta didik. Buku ini kemudian akan diperiksa oleh wali kelas. d) Pemberian hukuman/sanksi bagi yang tidak melaksanakan shalat. e) Melalui pendampingan dan pengawasan serta absensi yang dilakukan oleh guru yang mendampingi dan guru yang mengajar di jam pertama. f) Pembiasaan yaitu dengan membiasakan peserta didik untuk melaksanakan shalat dhuha setiap hari. g) Keteladanan, dimana para guru juga ikut melaksanakan shalat dhuha di sekolah sehingga tidak hanya peserta didik saja yang diwajibkan shalat dhuha. h) Tata tertib dimana peserta didik dilarang datang terlambat dan harus mematuhi perintah guru yaitu dengan mengikuti shalat dhuha. Implikasi dari strategi guru fiqih terhadap peningkatan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik, sebagai berikut. a) Meningkatnya kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan shalat dhuha. b) Meningkatnya kecintaan kepada Allah Swt. c) Peserta didik memperoleh ketenangan sehingga lebih fokus selama proses pembelajaran. d) Meningkatnya hafalan surah-surah pendek dan do’a shalat dhuha peserta didik. e) Peserta didik menjadi terbiasa melaksanakan shalat dhuha di sekolah maupun di rumah.Hambatan guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha peserta didik, sebagai berikut. a) Kurangnya kesadaran peserta didik. Beberapa peserta didik masih mempunyai rasa malas untuk melaksanakan shalat dhuha. b) Kurangnya kedisiplinan guru yang mendapat tugas untuk mendampingi sekaligus mengabsen peserta didik setelah pelaksanaan shalat dhuha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173283 AHMAD AN'IM FAJRUSSOLAH
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:31
Last Modified: 22 Mar 2024 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44092

Actions (login required)

View Item View Item