ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BISNIS BUDIDAYA IKAN HIAS CUPANG PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Desa Bendiljati Sumbergempol Tulungagung)

M. ABDUL KHAFID ZAINUR ROKHIM, 17402163095 (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BISNIS BUDIDAYA IKAN HIAS CUPANG PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Desa Bendiljati Sumbergempol Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BISNIS BUDIDAYA IKAN HIAS CUPANG PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Desa Bendiljati Sumbergempol Tulungagung.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Strategi pemasaran yang dirancang, disiapkan, dan dievaluasi dengan baik menjadi dasar dalam menentukan tingkat keberhasilan suatu bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Analisis Strategi Pemasaran Bisnis Budidaya Ikan Hias Cupang Perspektif Etika Bisnis Islam di Desa Bendiljati Sumbergempol Tulungagung. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menjabarkan strategi pemasaran yang diterapka n. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji triangulasi sumber data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa Desa Bendiljati berhasil meningkatkan penjualan ikan hias cupang dengan strategi marketing mix 7P; product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process, yang dipadukan dengan prinsip etika bisnis Islam. Produk yang dijual adalah ikan hias cupang dengan harga dan bonus pembelian yang menarik, t empat budidaya yang bersih, nyaman, dan mudah diakses, menggunakan strategi promosi secara offline dan online melalui media sosial, pemberian fasilitas program pelatihan bagi petani ikan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas ikan yang dihasilkan, proses budidaya yang baik sehingga dapat menghasilkan kualitas ikan yang baik, bentuk yang indah, bermacam-macam corak warna dan ukurannya, sehingga dapat menarik minat konsumen dan menjadikan penjualan terus mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Prinsip etika bisnis Islam yang diterapkan ada enam; jujur dalam takaran (quantity), menjual barang yang baik mutunya (quality), tidak menggunakan sumpah, longgar dan bermurah hati dalam melayani pembeli, membangun hubungan baik antar kolega dengan menjaga silaturahim antar penjual dan pembeli, dan menetapkan harga dengan transparan; menyampaikan harga sesuai dengan keadaan ikan yang sebenarnya. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Marketing Mix 7P, Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163095 M. ABDUL KHAFID ZAINUR ROKHIM
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:43
Last Modified: 18 Mar 2024 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44235

Actions (login required)

View Item View Item