KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 4 BLITAR PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

DIAN SAFITRI, 12204193166 (2024) KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 4 BLITAR PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Investigasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Blitar pada Materi Pola Bilangan ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif” ditulis oleh Dian Safitri NIM.12204193166, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ibu Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Investigasi Matematis Siswa, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan investigasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Kemampuan investigasi atau penyelidikan dalam matematika digunakan ketika siswa memecahkan masalah kontekstual. Beberapa siswa saat dihadapkan dengan soal kontekstual sering merasa kesulitan dalam menentukan alur pengerjaan dan penggunaan rumus. Gaya kognitif yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya kognitif berdasarkan waktu pemahaman yaitu reflektif dan impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan kemampuan investigasi matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Blitar pada materi pola bilangan ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan 2) mendeskripsikan kemampuan investigasi matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Blitar pada materi pola bilangan ditinjau dari gaya kognitif impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 4 Blitar yang diikuti oleh kelas VIII A. Berjumlah 36 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek yang dikategorikan berdasarkan klasifikasi gaya kognitif reflektif dan impulsif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes gaya kognitif, tes soal kemampuan investigasi matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, antara lain 1) kemampuan investigasi matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Blitar dengan gaya kognitif reflektif pada materi pola bilangan mampu memenuhi indikator spasialisasi, conjecturing dan pembenaran, dan generalisasi. Ketiga subjek ini telah mampu menyelesaikan soal melalui tahapan yang sempurna dan 2) kemampuan investigasi matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Blitar dengan gaya kognitif impulsif pada materi pola bilangan belum memenuhi indikator spasialisasi, conjecturing dan pembenaran, dan generalisasi. Ketiga subjek ini menyelesaikan soal yang diberikan kurang tepat dan tahap yang dilakukan kurang sempurna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193166 DIAN SAFITRI
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:51
Last Modified: 19 Mar 2024 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44260

Actions (login required)

View Item View Item