SEFIRA AJENG ARDYA WARDHANI, 126308201007 (2024) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FoMO) DAN FANATISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR K-POP. [ Skripsi ]
Text
PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FoMO) DAN FANATISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR K-POP.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Hallyu atau korean wave merupakan budaya korea yang populer dengan Kdrama, Kpop, hingga film. Penelitin ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan Fnatisme terhadap perilaku konsumtif pada penggemar K-POP. Kriteria subjek dalam penelitian ini adalah subjek yang mengikuti akun fanbase atau akun sosial media dari idol yang disukai, serta bergabung dalam grup chating fandom. Teknik pengambilan sampel menggunakan probabilitas sampling, berdasar pada tabel Isaac and Michael dengan tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh sebanyak 349 responden. Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data, dengan instrumen pengukuran menggunakan skala likert, meliputi 4 pilihan jawaban yakni Sangat Tidak Setuju (STS), Tidak Setuju (TS), Setuju (S), Sangat Setuju (SS), dengan metode checklist. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas dan linearitas, dan uji hipotesis meliputi uji regresi linier berganda. Program SPSS versi 26.0 for windows digunakan sebagai metode pengolahan data. Berdasarkan hasil uji F, diperoleh Sig. 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 11,5% pada fear of missing out (FoMO) dan fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada penggemar K-pop.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi klinis |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308201007 SEFIRA AJENG ARDYA WARDHANI |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 01:56 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44294 |
Actions (login required)
View Item |