Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Guided Inquiry (GI) pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel untuk Peserta Didik Kelas VII MTsN Kunir Wonodadi Blitar

Zulin Fu'adzatus Sofiyah, 2814123159 (2016) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Guided Inquiry (GI) pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel untuk Peserta Didik Kelas VII MTsN Kunir Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sampul luar dalam.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Matematika merupakan cara atau metode berpikir dan bernalar, bahasa lambang yang dapat dipahami oleh semua bangsa berbudaya. Matematika tumbuh dan berkembang karena proses berpikir. Berkaitan dengan hal ini, maka diperlukan suatu upaya yang nyata untuk menggunakan pendekatan setiap kali proses pembelajaran. Salah satu upayanya adalah mengembangkan produk Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan guided inquiry (GI). Pengembangan produk bahan ajar matematika kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan produk pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa matematika kelas VII semester 2 dengan pendekatan guided inkuiri (GI) terhadap peningkatan kemampuan siswa menemukan konsep Persamaan Linear Satu Variabel. Serta menjadikan bahan ajar ini menjadi produk yang valid, efektif, dan efisien untuk pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi oleh Borg and Gall. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Produk berupa Lembar kerja Siswa memperoleh persentase kelayakan sebesar 78,70 % (2) RPP penerapan LKS memperoleh persentase kelayakan sebesar 83,33 % (3) Soal post test memperoleh persentase kelayakan sebesar 83,40 % (4) Nilai rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 79. Hal ini lebih baik 10,4138 poin dibandingkan kelas kontrol yang hanya mendapat nilai rata-rata 68,5862.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd.I 2814123159 Zulin Fuadzatus Sofiyah
Date Deposited: 07 Feb 2017 02:26
Last Modified: 07 Feb 2017 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item View Item