ETNOMATEMATIKA PADA ANYAMAN BAMBU SEBAGAI IDE DALAM BELAJAR MATERI BIDANG DATAR DAN BIDANG RUANG SISWA KELAS VII

LAILA RAHMAWATI, 17204163181 (2024) ETNOMATEMATIKA PADA ANYAMAN BAMBU SEBAGAI IDE DALAM BELAJAR MATERI BIDANG DATAR DAN BIDANG RUANG SISWA KELAS VII. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (497kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Etnomatematika pada Anyaman Bambu sebagai Ide dalam Belajar Materi Bidang Datar dan Materi Bidang Ruang Siswa Kelas VII" ini ditulis oleh Laila Rahmawati NIM 17204163181, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Etnomatematika, Anyaman Bambu, Materi Bidang Datar dan Bidang Ruang. Etnomatematika adalah matematika yang muncul karena adanya budaya yang ada di sekitar. Etnomatematika muncul pada kerajinan hasil anyaman bambu. Berdasarkan hasil pengamatan dan eksplorasi yang dilakukan peneliti di Kampung Boro Watu Gedhe Malang, banyak ditemukan benda-benda hasil anyaman bambu yang mempunyai nilai Etnomatematika. Benda-benda tersebut di antaranya adalah caping, tampah, keranjang, dan kipas. Hal ini dapat digunakan sebagai ide dalam belajar materi bidang datar dan bidang ruang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana (1) etnomatematika pada kerajinan anyaman bambu sebagai ide dalam belajar materi bidang datar? (2) bagaimana etnomatematika pada kerajinan anyaman bambu sebagai ide dalam belajar materi bidang ruang? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan etnomatematika pada kerajinan anyaman bambu sebagai ide dalam belajar materi bidang datar siswa kelas tujuh (2) untuk mendeskripsikan etnomatematika pada kerajinan anyaman bambu sebagai ide dalam belajar materi bidang ruang siswa kelas tujuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Penelitian ini dilakukan di Kampung Boro Watu Gedhe Malang. Pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang dilakukan dengan cara: (1) pengamatan, (2) dokumentasi, (3) wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah benda-benda dari kerajinan anyaman bambu yang ada di Kampung Boro Watu Gedhe Malang mempunyai nilai Etnomatematika. Etnomatematika yang terdapat pada anyaman bambu di antaranya adalah (1) tampah yang menyerupai lingkaran dan kipas yang menyerupai persegi empat merupakan materi bidang datar (2) caping yang menyerupai kerucut, dan keranjang yang menyerupai balok merupakan materi bidang ruang. Etnomatematika pada anyaman bambu tersebut dapat digunakan sebagai ide dalam belajar materi bidang datar dan bidang ruang siswa kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163181 LAILA RAHMAWATI
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:19
Last Modified: 20 Mar 2024 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44366

Actions (login required)

View Item View Item