PERILAKU KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Bendungan dan SMP Global Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek)

KADIKUL ANWAR, 129501203011 (2024) PERILAKU KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Bendungan dan SMP Global Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (169kB)

Abstract

Disertasi dengan Judul: Perilaku Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Literasi (Study Multi Kasus di SMPN 1 Bendungan dan SMP Global Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek)” yang ditulis oleh Kadikul Anwar dengan NIM: 129501203011 dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Mujamil, M.Ag dan Prof. Dr. Ngainun Naim, MH.I Kata Kunci: Perilaku Kepala Sekolah, Budaya Literasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku kepala sekolah, yang dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan sebuah lembaga pendidikan, maka kompetensi, gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap maju mundurnya lembaga pendidikan tersebut. Budaya literasi merupakan pembiasaan sikap atau perilaku dalam mengaktualisasikan kemampuan untuk memaknai informasi secara kritis sehingga setiap orang dapat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Penelitian ini difokuskan pada perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi dengan pertanyaan penelitian dalam sebagai berikut: 1) 1. Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi baca tulis di SMPN 1 Bendungan dan SMP 'Global' Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek ? 2) Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi numerasi di SMPN 1 Bendungan dan SMP 'Global' Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek ? 3) Bagaimana perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi digital di SMPN 1 Bendungan dan SMP 'Global' Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek ? 4) Bagaimana mengkonstruksi konseptual perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi baca tulis, numerasi dan digital di SMPN 1 Bendungan dan SMP 'Global' Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan merumuskan proposisi perilaku kepala sekolah di SMPN 1 Bendungan dan SMP ‘Global’ Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek dalam meningkatkan budaya literasi, khususnya literasi baca tulis, numerasi dan digital. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data didapat dari stakeholder sekolah yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tenaga pendidikan, peserta didik dan dokumen sekolah. Peneliti melakukan observasi secara berkala di SMPN 1 Bendungan dan SMP ‘Global’ Islamic Boarding School Karangan Trenggalek. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi baca tulis di SMPN 1 Bendungan dan SMP 'Global' Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek dilakukan dengan mengadakan kegiatan literasi program PECAH BATU (Penghapusan Cacah Buta dan Baca Tulis) sebagai sarana untuk yang lebih produktif, apresiatif dan memberikan perubahan nyata di kalangan siswa, guru dan stakeholder sekolah; Mengadakan program penerbitan buku karya literasi siswa dan guru, penerbitan legenda dan budaya di kecamatan Bendungan; adanya kajian pengajian kitab kuning, lalaran nazhaman kitab, pendalaman ASWAJA, tadarus Al-Qur’an dan literasi buku/ kitab yang dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan; Kepala sekolah mengadakan seminar menulis yang dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi baca tulis pada siswa; Kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi baca tulis diadakan pembiasaan untuk membaca di pojok baca waktu istirahat. 2) Perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi numerasi di SMPN 1 Bendungan dan SMP 'Global' Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek dilakukan dengan pelatihan guru matematika dan non matematika; pembelajaran matematika tematik berbasis masalah dan proyek; pembelajaran nonmatematika yang melibatkan unsur literasi numerasi; pelaksanaan life skill untuk meningkatkan kemandirian siswa; Kepala sekolah mempersiapkan siswa untuk mengikuti perlombaan sekaligus membimbing siswa dengan maksimal agar dapat menang dalam perlombaan dengan menghadirkan para profesional di bidangnya agar lebih maksimal perkembangan siswanya. 3) Perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi digital di SMPN 1 Bendungan dan SMP 'Global' Islamic Boarding School Karangan, Trenggalek dilakukan dengan penyediaan laboratorium komputer, perpustakaan yang lengkap dan akses internet; penyediaan layar dan papan informasi melalui media digital; pemanfaatan literasi digital dalam kegiatan pembelajaran yaitu kitab, tafsir berbasis digital dan akun youtube; penggunaan aplikasi edukatif dalam menunjang kegiatan pembelajaran. 4) Menyempurnakan teori Mayo bahwa perilaku kepala sekolah dalam meningkatkan budaya literasi khususnya literasi baca tulis, numerasi dan digital, seorang kepala sekolah tidak semata hanya menggunakan pendekatan orientasi tugas (task oriented) semata yakni : EMASLIM, tapi juga menggunakan pendekatan yang humanistik dalam membentuk sikap literat melalui budaya literasi ada 3 hal yang perlu diperhatikan : a) kepemimpinan kepala sekolah b) pembiasaan/ perilaku siswa dan guru c) lingkungan/ iklim yang kondusif yang mendukung sikap literat, sehingga tujuan dari sebuah program kerja dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 129501203011 KADIKUL ANWAR
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:21
Last Modified: 21 Mar 2024 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44402

Actions (login required)

View Item View Item