IMPLEMENTASI KEWAJIBAN KEPALA DESA DALAM PEMBINAAN DAN PELESTARIAN NILAI SOSIAL BUDAYA (Studi di Desa Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk)

M. TAUFIQ HIDAYATULLOH, 12103183082 (2024) IMPLEMENTASI KEWAJIBAN KEPALA DESA DALAM PEMBINAAN DAN PELESTARIAN NILAI SOSIAL BUDAYA (Studi di Desa Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Skripai dengan judul “Implementasi Kewajiban Kepala Desa dalam Pembinaan dan Pelestarian Nilai Sosial Budaya (Studi di Desa Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk)” ini ditulis oleh M. Taufiq Hidayatulloh, NIM 12103183082, dengan dosen pengampu Dr H.M. Darin Arif Mu’allifin, SH., M.Hum. Kata Kunci: Kepala Desa, Masyarakat, Sosial Budaya Penelitian ini dilatar belakangi oleh Implementasi Kewajiban Kepala Desa dalam pembinaan dan pelestarian nilai sosial budaya di Desa Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk yang kurang maksimal. Dan masalah ini sangat menarik jika dikaji berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sekaligus menggunakan perspektif hukum Fiqih Siyasah Bi’ah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi kewajiban kepala desa dalam pembinaan dan pelestarian nilai sosial budaya di Desa Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk berdasarkan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa? 2) Bagaimana implementasi kewajiban kepala desa dalam pembinaan dan pelestarian nilai sosial budaya di Desa Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk berdasarkan Fiqih Siyasah Bi’ah ? Metode Penelitian yang digunakan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode hukum empiris atau disebut dengan metode penelitian hukum sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi kewajiban kepala desa dalam pembinaan dan pelestarian nilai sosial budaya di Desa Jatirejo Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk yaitu dengan cara: a.Mengawasi, b.Memfasilitasi, dan c.Membina masyarakat yang belum mengetahui. Selain itu, apa yang dilaksanakan kepala desa sudah sesuai pada pasal 17 ayat 4 huruf (m) dalam Perda Kabupaten Nganjuk Nomor 1 Tahun 2016 dan dalam Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. 2) implementasi kewajiban kepala desa dalam pembinaan dan pelestarian nilai sosial budaya berdasarkan fiqh siyasah bi’ah menunjukkan bahwa implementasi kewajiban kepala desa sudah sesuai dengan fiqh Siyasah bi’ah yaitu kemashlahatan masyarakat dengan tujuan menjauhkan kerusakan tentang perilaku manusia terhadap lingkungan hidupnya, maka dalam hal ini sudah sesuai dengan ketentuan hukum yang bersumber dari dalil-dalil terperinci, tanpa melanggar ketentuan-ketentuan syariat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kepemimpinan > Kepala Daerah
Kepemimpinan
Kesejahteraan Sosial
Kinerja Pegawai
Layanan Publik
Politik Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183082 M. TAUFIQ HIDAYATULLOH
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:23
Last Modified: 05 Apr 2024 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44412

Actions (login required)

View Item View Item