HUBUNGAN SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN KUALITAS PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG

SEILA SAFINATUN NAJAH, 12207193076 (2024) HUBUNGAN SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN KUALITAS PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Hubungan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru dengan Kualitas Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung" ini ditulis oleh Seila Safinatun Najah, NIM 12207193076. Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Pembimbing: Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Sistem Promosi, Sistem Seleksi, Sistem Zonasi, Kualitas Peserta Didik. Kegiatan penerimaan peserta didik baru merupakan kesempatan lembaga pendidikan dalam menyaring peserta didik yang berkualitas. Penerimaan peserta didik baru merupakan kegiatan awal sebelum memasuki tahun pelajaran baru. Begitu pun yang dilakukan oleh MAN 1 Tulungagung. Sistem penerimaan peserta didik baru memiliki hubungan terhadap kualitas peserta didik karena sebagai langkah awal dalam merekrut calon anak didik yang berkualitas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah hubungan sistem promosi penerimaan peserta didik baru dengan kualitas peserta didik di MAN 1 Tulungagung? 2) Adakah hubungan sistem seleksi penerimaan peserta didik baru dengan kualitas peserta didik di MAN 1 Tulungagung? 3) Adakah hubungan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru dengan kualitas peserta didik di MAN 1 Tulungagung?. Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan ada tidaknya hubungan sistem promosi, sistem seleksi dan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru dengan kualitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI di MAN 1 Tulungagung yang berjumlah 820 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan proportionate stratified random sampling dan diperoleh 82 responden. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis data statistik deskriptif, analisis pengujian prasyarat, dan analisis uji hipotesis korelasi Pearson dan korelasi berganda. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: 1) Sistem Promosi berhubungan secara signifikan dengan tingkat korelasi moderat terhadap Kualitas Peserta Didik. Hal ini berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan nilai sebesar 0,367 pada taraf signifikansi α 5% dan sig.(1-tailed) atau signifikansi satu sisi menunjukan angka sebesar 0,003. 2) Sistem Seleksi berhubungan secara signifikan dengan tingkat korelasi lemah terhadap Kualitas Peserta Didik. Hal ini berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan nilai sebesar 0,262 pada taraf signifikansi α 5% dan sig.(1-tailed) atau signifikansi satu sisi menunjukan angka sebesar 0,028. 3) Sistem Zonasi berhubungan secara signifikan dengan tingkat korelasi moderat terhadap Kualitas Peserta Didik. Hal ini berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan nilai sebesar 0,443 pada taraf signifikansi α 5% dan sig.(1- tailed) atau signifikansi satu sisi menunjukan angka sebesar 0,040.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193076 SEILA SAFINATUN NAJAH
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:24
Last Modified: 22 Mar 2024 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44421

Actions (login required)

View Item View Item